ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BARANG PANGAN DAN SANDANG PADA PERUSAHAAN RITEL X KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i1.370Abstract
ABSTRAK Perusahaan Ritel X merupakan perusahaan ritel yang terkenal di Indonesia. Salah satunya yaitu perusahaan Ritel X di Karawang. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari masyarakat Kota Karawang dengan cara membagikan kuesioner di beberapa tempat di Kota Karawang. Variabel bebas yaitu harga barang tersebut, harga barang pengganti, harga barang pelengkap, pendapatan, distribusi pendapatan, selera serta variabel terikat yaitu permintaan kebutuhan pangan dan sandang pada perusahaan Ritel X Karawang. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis, kemudian data diolah dengan menggunakan Eviews 10 dan SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel selera (cita rasa) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap permintaan kebutuhan pangan dan sandang pada perusahaan Ritel X Karawang. Variabel harga barang tersebut berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan. Variabel harga barang pengganti berpengaruh secara positif dan tidak signifikan. Variabel harga barang pelengkap berpengaruh secara positif dan tidak signifikan. Variabel pendapatan berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan. Variabel distribusi pendapatan berpengaruh secara positif dan tidak signifikan. Adapun secara keseluruhan variabel bebas berpengaruh sebesar 51,8%, sedangkan sisanya 48,2% dijelaskan oleh variabel residual yaitu variabel yang berada di luar model, yang tidak dimasukkan ke dalam model. Kata kunci: Permintaan Kebutuhan Pangan dan Sandang, Harga Barang Tersebut, Harga Barang Pengganti, Harga Barang Pelengkap, Pendapatan, Distribusi Pendapatan, dan Selera. ABSTRACT Retail company X is a well-known retail company in Indonesia. On of them is retail company X in Karawang. This research uses primary data obtained from the people of Karawang City by distributing questionnaires in several places in the city of Karawang. The independent variable is the price of the item, the price of substitute goods, the price of complementary goods, income, income distribution, taste and the dependent variable is th multiple linear regression, classical assumption test and hypothesis testing, then data processed by using SPSS 24 and Eview 10. The results of this study indicate that the variable tastes positively and significantly affect the demand for food and clothing needs in retail company X Karawang. The price variable of the item has a negative and insignificant effect. The variable price of substitute goods has a positive and insignificant effect. Variabel price of complementary goods has a positive and insignificant effect. The income variable has a negative and insignificant effect. Income distribution variables have a positive and insignificant effect. As for the overall independent variable has an effect of 51,8%, while the remaining 48,2% is explained by the residual variable that is the variable that is outside the model, which is not included in the model. Key word: Demand for Food and Clothing Needs, The Price of The Item, The Price of Substitute Goods, The Price of Complementary Goods, Income, Income Distribution and TasteDownloads
References
Arsyad, Lincolin. 1997. Ekonomi Mikro Ikhtisar Teori dan Soal Jawab, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.
Bilas, Richard A. 1994. Teori Mikro Ekonomi, Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Boeree, C. George. 2006. Personality Theories. Yogyakarta: Primasophie. 5. Abraham H. Maslow. 1968. Toward a Psychology of Being, 2d ed. New York: D. Van Nostrad
Ferdinand, Augusty. 2006, Metode Penelitian Manajeman, Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajeman , Edisi 2, Badan Penerbit Universitas Diponegonro, Semarang.
Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Gilarso, T, 1993, Pengantar Ilmu Ekonomi, Penerbit Kanisus, Jakarta. Irawan Suhartono. 1999.
Metode Penelitian Sosial. Bandung: Rosdakarya.
Ida, N. 2009. Pengantar Ekonomi Mikro. Universitas Muhamadiah Malang Press. Malang.
Jess, Gregory Feist. 2012. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika. 2.
Edward Kusumosuwihdo, S. 1990.
Sajian
Dasa r
Dalam
Pengantar
Teori
Ekonomi. Rineka
Cipta. Jakarta
Maslow, Abraham H. 1964. Religion, Value, and Peak-Experiences. Columbus: Ohis State University Press.
. 1986. Farther Reaches of Human Nature. New York: Orbis Book.
. 2006. On Dominace, Self Esteen and Self Actualization. Ann Kaplan: Maurice Basset.
Mudrajat, Kuncoro. 2001. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Nicholson, Walter dan Danny Hutabarat. 1991. Mikro ekonomi Intermediate dan Penerapannya.
Rosyidi, Suherman. 1998, Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sukirno, S. 2008. Teori Pengantar Mikroekonomi (Edisi Ketiga). RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Samuelson. 2001. Ilmu Mikro Ekonomi. Edisi 17. Jakarta : PT. Media Global Edukasi
Sarwono, Sarlito W. 2002. Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.
TS, Suharno. 2006. Teori Mikroekonomi. Surakarta: Andi Widarjono, Agus. 2009. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya. Yogyakarta :Ekonesia. Badan Pusat Statistik. Jawa Tengah Dalam Angka Berbagai Tahun Terbitan. Jawa Tengah Jurnal:
Damianus Kilamase, et al. 2015. Analisis permintaan buah anggur pada pasar modern di kota Ambon. Universitas Patimura Ambon. Volume 3 No 3 Oktober 2015
Nenik, W , 2010. “Analisis Permintaan Sepeda Motor Matic Di Kota Semarangâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.8, No 1. Jakarta : Erlangga.
Arif Budiarto, et all. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda motor di kota semarang (studi kasus : PNS Kota Semarang. Volume 2 Nomor 3 Tahun 2013
Penelitian :
Marsito Sirait. 2007. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Mobil Pribadi di Sumatera Utara†. Skripsi Sumatera Utara, Medan.
Rossita. 2001 . “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap mobil bekas di kotamadya medanâ€. Skripsi Universitas Sumatera Utara, Medan.
Lisda Yanti, Sulina Surika, et al. (2013). Analsis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan asuransi jiwa di kota makasar. Universitas Hasanudin Makasar.
Surya A Sitorus, et all. 2015. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi dan Penawaran Telur Ayam Ras (Studi Kasu : Pasar Petisah, Kecamatan Medan Petisah). Universitas Sumatra Utara
Intan Sari Zaitun Rahma. 2010. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi P e r m i n t a a n Perumahan Tipe Cluster (Studi Kasu Perumahan Taman Sari di Kota Semarang). Universitas Diponegoro Semarang
Ainul
Mardhiyah. 2006. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Perumahan di Kota Medan. Universitas Sumatra Utara
P e r m i n t a a n
Neni Theresia Hasibuan. 2008. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi K o n s u m e n a k a n S a y u r O r g a n i k ( S t u d i K a s u s : K o n s u m e n S a y u r o r g a n i s k d i k o t a m e d a n . Universitas Sumatra Utara
Internet:
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/. Perluas Gerai di Karawang, PERUSAHAAN RITEL X Gelar Diskon Hingga 40% Jumat (6/12/2013). https://id.linkedin.com/. Tentang PERUSAHAAN RITEL X di Indonesia (PT Trans Retail Indonesia) 08 Desember 2013 20:00 WIB
http://industri.bisnis.com/ Inilah Konsep Wajah Baru PERUSAHAAN RITEL X di Karawang. 2013
:45 WIB
http://ekonomi.kompas.com. Hingga Akhir Tahun, Pertumbuhan Industri Ritel Diprediksi Melambat. Kompas.com - 13/09/2017, 15:24 WIB
https://bisnis.tempo.co/. Aprindo: Pertumbuhan Sektor Ritel 2017 Lebih Rendah dari 2016.
Oktober 2017 05:08 WIB
https://www.merdeka.com. Kondisi mengenaskan industri ritel, laba anjlok hingga gulung tikar. Kamis, 3 Agustus 2017 06:00
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).