PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PEDES KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i2.257Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul Suatu Kajian Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan kepuasan Kinerja terhadap Kinerja Guru di SD Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. Masalah utama yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bahwa kinerja guru di lingkungan SD Kecamatan Pedes belum optimal. Hal ini diduga antara lain dipengaruhi oleh Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kinerja guru. Dari bahasan tersebut, peneliti sangat tertarik untuk mengadakan penelitian di SD Se-Kecamatan Pedes. Masalah yang dibahas perlu dibatasi yaitu sejauh mana pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja guru. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Se-Kecamatan Pedes, sebanyak 146 orang. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil perhitungan deskriptif menunjukan bahwa berdasarkan persepsi responden mengenai Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprstasi dan Kepuasan Kinerja Guru SD Kecamatan Pedes serta Kinerja Guru berada pada kategori cukup baik. Sedangkan hasil analisis deskriptif melalui analisis jalur diperoleh nilai besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung menunjukan bahwa pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah secara langsung adalah sebesar 31,9%, mengaruh tidak langsung melalui motivasi berprestasi sebesar 17.0%. pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kinerja sebesar 25.3%, sehingga total pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 25.8%. Pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 31,9%, pengaruh tidak langsung kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru adalah sebesar 17.0% dan total pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 25.3%,. Pengaruh langsung motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah sebesar 31,9%, pengaruh tidak langsung melalui manajerial kepala sekolah sebesar 5,18% dan pengaruh tidak langsung melalui kompetensi guru adalah 25.8% dan total pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 17.0%. Hasil perhitungan Koefisien determinasi (R kuadrat) yang dinyatakan dalam persentase mengambarkan besarnya kontribusi semua variabel bebas dalam menentukan kinerja (Y) adalah sebesar 74.2%. Sedangkan faktor lain yang tidak diteliti dan turut mempengaruhi kinerja ditunjukan oleh nilai PyЄ = 0.258 atau sebesar 25.8%. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, Kepuasan Kerja , Kinerja Guru.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Sumber Buku dan Jurnal :
A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Cetakan Ketigabelas.Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Aritonang, Keke T. 2008. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10): 11-21.
Bambang Riyanto. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, BPFE-YOGYAKARTA.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono, Max. 2000. BelajarPembelajaran. Semarang. IKIP : Semarang Press.
Engkoswara. 2010. Paradigman Manajemen Pendidikan. Bandung : Yayasan Amal Keluarga.
Hambalik Oesman. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Balai Pustaka.
Hambalik Oesman. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Angkasa.
Hamzah, Moh dan Ismail. 2009. “Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kejar Paket C PKBM Sultan Agung Kesambi Kota Cirebonâ€. Jurnal EduMa, 1(2): 101-112.
Suranto. 2015. Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol 25, No.2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).