PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. TRIMAS KEMASINDO CIKARANG THE INFLUENTED OF SERVICE QUALITY, PRODUCT QUALITY, AND IMAGE OF BRAND ON CUSTOMER SATISFACTION PRODUCT PT. TRIMAS KEMASINDO CIKARANG

Authors

  • Fitri Ariani Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i1.238

Abstract

ABSTRAK Perkembangan produksi packaging minuman plastik beberapa tahun terakhir ini menunjukkan perkembangan yang cukup baik, sehingga persaingan antar perusahaan yang sejenis untuk mendapatkan pelanggan yang tetap semakin sulit. Beberapa faktor penyebab diduga karena kualitas pelayanan jasa, kualitas produk dan citra merek perusahaan dalam kepuasaan pelanggan yang saling bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti-bukti empiris dan memperoleh kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh kualitas pelayanan jasa, kualitas produk, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pada PT Trimas Kemasindo baik secara parsial maupun secara simultan. Untuk keperluan penelitian, metode yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari metode deskriptif kuantatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan, melalui penyebaran kuisioner yang terstruktur menggunakan skala likert. Analisis data untuk menggambarkan masing-masing variabel menggunakan analisis rentang skala. Sedangkan untuk menggambarkan pengaruh kualitas pelayanan jasa, kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan jasa, kualitas produk dan citra merek sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Dimana hasil perhitungan menggunakan koefesien determinasi diketahui bahwa 66,1% variabel kepuasan pelanggan dapat di jelaskan oleh variasi dari variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra merek. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Jasa, Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan ABSTRACT Employee performance data on Training Office of Apparatus Ministry of Marine Affairs and Fisheries in 2016 shows the average performance of employees who are still not optimal. Several factors causing the cause of empathy, motivation of work and spiritual quotient of employees who are still low. This study aims to obtain empirical evidence and obtain clarity of phenomena and conclusions about the influence of empathy, motivation of work, and spiritual quotient on the performance of personnel Training Office Apparatus Ministry of Marine Affairs and Fisheries either partially or simultaneously. For research purposes, the method used in this study consists of descriptive and verification methods. Data collection is done by field research, through the spread of questionnaires that are structured using Likert scale. Data analysis to describe each variable using scale range analysis. While to describe the influence of empathy, motivation of work and spiritual quotient on employee performance by using path analysis. The results showed: 1) Empathy is in the range of very high scale, motivation of work is on a high scale, spiritual quotient is in a very high scale range and employee performance is in the high-scale range, 2) Empathy, motivation of work and spiritual quotient partially influential On employee performance of Training Office for Apparatus Ministry of Marine Affairs and Fisheries, and 3) Empathy, motivation of work and spiritual quotient simultaneously affect the performance of personnel Training Office for Apparatus Ministry of Marine Affairs and Fisheries with the amount of 42.8%. Keywords: Emphaty, Motivation of Work, Spiritual Quotient, Employee Performance

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Sumber Buku

Stoner, James A. Freeman. 1996. Manajemen Jilid II, BPFE, Yogyakarta.

Fattah, Nanang. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Handoko T. Hani. 2002, Manajemen; Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas Yogyakarta : BPFE.

Robbins, Stephan. P dan Mary Coulter ,2002. Manajemen, Edisi tujuh. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta : Indeks.

Fandi Tjiptono, 2005. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi.

D.A. Garvin, 1994, Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting, Free Pres.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sitinjak, Tony., Tumpal. 2005, Pengaruh Citra Merek dan Sikap Merek terhadap Ekuitas Merek, Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 12 No. 2 Juni, 2005.

Shimp, T.A. 2003. Periklanan Promosi Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2002. Consumer Behavior and Marketing Strategy Sixth Edition. McGraw-Hill Irwin.

Drezner, W. 2002. A Balanced Perspective on Brands.Baringstoke: McMillan.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Indeks.

Sondoh L. Stephen Jr., Maznah Wan Omar., Nabsiah Abdul Wahid., Ishak Ismail dan Amran harun. 2007. The Effect of Brand Image on Overall Satisfaction and Loyalty Intention in the Context Of Color Cosmetic. Asian Academy of Management Journal, Vol. 12, No. 1, 83–107, January 2007.

Rizky, Aditya dan Setyo Pantawis. Pengaruh Citra dan Sikap Merek terhadap Ekuitas Merek. (Studi pada Pasar Handphone Nokia di Kota Semarang). Dinamika Sosial Ekonomi Volume 7 Nomor 2 Edisi November 2011.

Kotler, Philip, 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi 11 Bahasa Indonesia, Jilid 1 & 2. Jakarta : PT. Indeks.

Kirom, Bahrul. 2009. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung : Pustaka Reka Cipta.

Jill, Griffin. 2002. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Edisi Revisi dan Terbaru. Jakarta : Erlangga.

Ramadania, 2002, “Kepercayaan dan Komitmen Sebagai Perantara Kunci Relationship Marketing Dalam Membangun Loyalitasâ€, Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Vol. 2, No. 1, p. 33-52.

Chaula, Anwar. 2007. Analisis Strategi Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Diferensiasi Produk. Survei Pada Pengguna Sepeda Motor “Honda†di Kabupaten Sleman. Telaah Bisnis Volume 8, Nomor 2, Desember 2007.

Damayanti, Anis Rahayu. 2009. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Tingkat Brand Loyalty Motor Merek Suzuki Pada CV Turangga Mas Motor. Jurnal Ekonomi Manajemen : Universitas Gunadarma.

Wahyuni, Urip Dewi. 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda†di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 1, MARET 2008: 30-37. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Rizaimy, Shaharudin Mohd., Suhardi Wan Mansor., Anita Abu Hassan., Maznah Wan Omar dan Etty Harniza Harun. 2011. The relationship between product quality and purchase intention: The case of Malaysia’s national motorcycle/scooter manufacturer. African Journal of Business Management Vol. 5(20), pp. 8163-8176.

Wisnalmawati. 2008. Kepuasan Konsumen Bengkel Motor AHASS 1605 Seturan Yogyakarta Berdasarkan Dimensi Mutu Pelayanan. Jurnal Ekonomi Bisnis, No. 3 Vol. 13, Desember 2008.

Herrmann, Andreas., Lan Xia., Kent B. Monroe., Frank Huber. 2007. The influence of price fairness on customer satisfaction: an empirical test in the context of automobile purchases. Journal of Product & Brand Management 16/1 (2007) 49–58.

Mulyono, Bayu Hadyanto., Yoestini., Rini Nugraheni dan Mustofa Kamal. 2004. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang).

Samuel, Hatane dan Foedjiawati. 2005. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetian Merek.

(Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1, Maret 2005: 74-82.

Palilati, Alida. 2007. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, VOL. 9, NO. 1, Maret 2007: 73-81.

Esmailpour, Majid., Manije Bahraini Zadeh dan Effat Haji Hoseini. 2012. The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: Customers of Boushehr Bank Sepah as a Case Study. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research In Business. Copy Right © 2012. Institute of Interdisciplinary Business Research .1149. January 2012 Vol 3, No 9.

Rofiq, Ainur., Nanang Suryadi dan Nita Nur Faidah. 2009. Peranan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Industri Telepon Seluler. The 3 rd . National Conference on Management Research. Bandung, 5 November 2009 ISSN: 2086-0390.

Downloads

Published

2018-03-29

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. TRIMAS KEMASINDO CIKARANG THE INFLUENTED OF SERVICE QUALITY, PRODUCT QUALITY, AND IMAGE OF BRAND ON CUSTOMER SATISFACTION PRODUCT PT. TRIMAS KEMASINDO CIKARANG. (2018). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 3(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i1.238