ANALISIS FUNGSI KEPEMIMPINAN STRATEGIS DI INDUSTRI KREATIF SUBSEKTOR FILM, ANIMASI DAN VIDEO (KASUS: GOOD VIBES PROJECT)
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i2.2288Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana peran pempimpin strategis dalam menjalankan fungsi kepemipinanya di seluruh stakeholder industri kreatif subsektor film, animasi dan video yaitu Good Vibes Project, dengan mengacu pada delapan fungsi kepemipinan strategis.Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif disertai observasi dengan melakukan wawancara kepada narasumber yang memiliki peran strategis yaitu Business Director. Data penelitian yang diperoleh dari wawancara dianalisis menggunakan teknik analisis naratif, karena menggambarkan cerita maupun ide yang dikomunikasikan kepada seluruh stakeholder terkait. Hasil temuan dari penelitian ini ialah delapan fungsi kepemimpinan strategis benar-benar dirasakan dan sering ditemui oleh seorang Business Director. Temuan lainnya mengungkapkan bahwa Business Director dalam menggunakan fungsinya tidak terlepas dari gaya dan tipe kepemimpinan, dan hasil pembahasan mengungkapkan bahwa seorang Business Director menggunakan gaya tipe dan kepemimpinan yang berbeda dari delapan fungsi kepemimpinan strategis. Keterbatasan dalam penelitian ini ialah hanya menganalisis satu industri kreatif subsektor film, animasi dan video saja. Metode pengumpulan data pun hanya dengan menggunakan wawancara. Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan analisis komparasi di beberapa industri kreatif yang sama lainnya untuk memperoleh hasil yang lebih variatif.
Kata kunci: Fungsi kepemimpinan strategis, Pemimpin strategis, Industri kreatif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).