PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEWS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Karawang)

Authors

  • Chintya Dessy Syafitri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Annisa Fitri Rohana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Sudrajat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i2.2285

Abstract

ABSTRAK

Peneliti menetapkan satu variabel bebas yaitu Online Consumer Review (X) dan variabel terikat Keputusan Pembelian (Y), bermaksud untuk mendapati adanya pengaruh Online Consumer Review terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia. Menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan teknik pengambilan simple random sampling karena seluruh populasi terkait penelitian ini memiliki peluang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan 100 responden. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan metode Product Moment Pearson dan ketentuan Alpha Cronbach > 0,60 untuk uji reliabilitas. Pengujian analisis verifikatif dan uji hipotesis juga dilakukan dalam penelitian ini, seluruh data diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistik 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Consumer Reviews memiliki skor 5.263  atau 87.7%, sedangkan untuk Keputusan Pembelian memiliki skor 7.708 atau 85.6%. Diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,628 yang berarti adanya korelasi yang kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh positif serta signifikan dari variabel Online Consumer Reviews terhadap variabel Keputusan Pembelian.

Kata Kunci : Online Consumer Reviews; Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEWS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Karawang). (2022). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 7(2), 75-91. https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i2.2285