PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PD SAGITARIUS INTI
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i2.2281Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di masa pandemi Covid-19 di PD Sagitarius Inti. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini ialah metode kuantitafif deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari hasil kuesioner yang diisi oleh 35 responden yang merupakan konsumen PD Sagitarius Inti, daftar kajian pustaka dan wawasan penulis. Dari hasil pengolahan data yang diperoleh, didapatkan koefisien determinasi sebesar 83.3% yang menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, dan 16.7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang diteliti oleh penulis. Untuk koefisien korelasi didapatkan nilai sebesar 0.913 yang berarti bahwa hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen dinyatakan sangat kuat. Kesimpulannya adalah ada pengaruh yang sangat kuat dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh PD Sagitarius Inti terhadap kepuasan konsumennya. Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu agar perusahaan secara rutin mengadakan pelatihan atau workshop tentang pentingnya pelayanan prima atau service excellent kepada semua karyawan di PD Sagitarius Inti, sehingga dapat meningkatkan soft skill dan keterampilan karyawan terutama yang bekerja melayani konsumen secara langsung.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).