ANALISIS BREAK EVEN SEBAGAI ALAT PERENCANA LABA: KASUS PADA TOKO PUTRA PASTI MANDIRI CIKAMPEK KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.182Abstract
Abstrak Tujuan sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba yang dapat di pergunakan untuk kelangsungan hidup. Mendapatkan keuntungan atau laba dan besar kecilnya laba sering menjadi ukuran kesuksesan suatu manajemen. Hal tersebut didukung oleh kemampuan manajemen di dalam melihat kemungkinan dan kesempatan dimasa yang akan datang. Cikampek terdapat perkampungan yang penduduknya merupakan pengrajin boneka, Kampung boneka tersebut terletak di Cikampek utara tepatnya di Desa Mekar sari dan lebih dikenal sebagai Kampung baru (Kamba). Lokasi kampung boneka ini tidak jauh dari Stasiun Cikampek, Di kampung tersebut terdapat kurang lebih 50 rumah yang memproduksi boneka dan setiap rumah rata-rata terdapat 5 hingga 10 pekerja yang membuat boneka. (Kompasiana, 21/11/2011). Usaha ini dimulai dari taun 1980. Berkembang pesatnya industri boneka mendukung berkembangnya usaha dalam pemenuhan bahan baku pembuatan usaha tersebut, salah satu usaha yang menjalani pemenuhan bahan baku pembuatan boneka, topi dan lain-lain adalah Usaha dangang Putra Pasti Mandiri (PPM). Usaha ini merupakan usaha keluarga yang di dirikan pada tahun 1998, berikut merupakan laba yang diperoleh selama tiga tahun terakhir. Volume penjualan di mana penghasilannya (revenue) tepat sama besarnya dengan biaya totalnya, sehingga perusahaan tidak mendapatkan keuntungan atau menderita kerugian dinamakan Break Even Point (Bambang Riyanto, 2010 : 360). Rumusan untuk menghitung BEP = titik impas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keseluruhan Break Even toko PPM melalui biaya tetap, biaya variable, dan volume penjulan, sehingga bisa menetukan penjulan minimum agar tidak mengalami kerugian dan menentukan perencanaan laba yang akan di capai oleh pemilik Toko. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto karena variabel yang diteliti tidak dikenai suatu tindakan, perlakuan atau manipulasi, melainkan hanya meneliti dan mengungkapkan faktor-faktor yang diteliti berdasarkan keadaan yang sudah ada. Kata Kunci : Break Even, total fixes cost, total variable cost, sales, perencana labaDownloads
References
Daftar Pustaka
Buku: Abdul Halim dan Bambang Supomo. (2005). Akuntansi Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Baker, Bill (2007). Destination Branding for Small Cities the Essentials for Successful Place Branding. Oregon USA:Creative Leap Books.
Bambang Riyanto. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Handoyo Wibisono. (1997). Manajemen Modal Kerja. Yogyakarta: Andi Offset
Henry Simamora. (1999). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Salemba Empat.
Hansen, Don. R dan Maryanne M. Mowen. (2006). Akuntansi Biaya. Edisi Ketujuh. Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.
. (2000) Akuntansi Manajemen, Edisi Kedua, terjemahan : A. Hermawan, Penerbit Erlangga, Jakarta
Matz, Adolph dkk. (1992). Akuntansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian. Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Mulyadi. (2007). Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Soehardi. 2002. Analisa Break Even Point. Yogyakarta: BPFE Carter, William. K dan Milton F. Usry. (2006). Akuntansi Biaya. Edisi Ketigabelas. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.
Subardi, agus. 2008. Manajemen Keuangan, Jilid 2. Yogyakarta: AMP YKPN.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta.
Jurnal:
Christina, Rinda. 2013. Analisis Hubungan Break Even Point dengan Perencanaan Laba Jangka Pendek pada CV Adi Putra Utama Palembang. STIE MDP
Cintya, Sacharina. 2014. Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencana Laba Perusahaan pada Industri Pengolahan Tebu di Pabrik Gula Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012-2013 (Studi Kasus Pada PG. Tasik Madu Karanganyar). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hutani, Sulina Surika, et al. (2015). Analisis Break Even Point Usaha Kerupuk SingkongUUD Kelompok Tani Kulim Unggul Kelurahan Kulim Kota Pekanbaru. Universitas Riau– Volume 2, Number 2 (2015).
Penelitian :
Agustina Pradita Maehaeni. 2011. Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba pada Industri Kecil Tegel di Kecamatan Pedurungan Periode 2004-2008 (Studi Kasus usaha manufaktur). Universitas Dipenegoro
Anisa Solihat. 2011. Pengaruh Penetapan Break Even Point. Terhadap Laba pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Universitas Mercubuana Jakarta.
Aulia Puspita KD. 2012. Analisis Brak Even terhadap Perencanaan Laba PR. Kreatifa Hasta Mandiri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Dahlia HB. 2011. Analisis Biaya-Volume-Laba sebagai Alat Bantu dalam Perencanaan Laba PT Pabrik Gula Takalar. Universitas Hasanudin Makasar.
Dewi Rakhmawati. 2008. Analisis Break Even Point (BEP) pada Usaha Pengelolaan Pucuk Daun The (Kasus di Pabrik Teh Sumber Daun Kabupaten Cianjur). Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wahyudi Prasetyo. 2010. Analisis Break Even Point (BEP) pada Industri Pengolahan Tebu di Pabrik Gula (PG) Mojo Kabupaten Sragen. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Yogi Dwi Lestari. 2012. Analsis Break Even Point (BEP) Sebagai Dasar Perencanaan Laba dan Penjualan (Studi Kasus pada Usaha Kerupuk Rambak UF Wahyu Abadi Tulungagung) . Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Internet:
https://mumtazsyamila.wordpress.com/2016/03/02/menyiapkan-kenyamanan-kota-cikampek/
http://cikampekc.blogspot.com/
http://www.kompasiana.com/lutfilaila/negeri-boneka-di-cikampek 21 November 2011 05:04:51 Diperbarui: 25 Juni 2015 23:24:13, diakses 7 Desember 2016 11.05 WIB
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-boneka-cikampek-surga-berburu-aneka-boneka-lucu-1. Senin, 07 November 2011 / 16:22 WIB diakses 7 Desember 2016 11.07 WIB
http://koleksiboneka.com/grosir-boneka-cikampek/ pusat grosir boneka cikampek, hargamurahdanberkualitas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).