ANALISIS BREAK EVEN SEBAGAI ALAT PERENCANA LABA: KASUS PADA TOKO PUTRA PASTI MANDIRI CIKAMPEK KARAWANG

Authors

  • Santi Pertiwi pertiwi Hari Sandi

DOI:

https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.182

Abstract

Abstrak Tujuan sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba yang dapat di pergunakan untuk kelangsungan hidup. Mendapatkan keuntungan atau laba dan besar kecilnya laba sering menjadi ukuran kesuksesan suatu manajemen. Hal tersebut didukung oleh kemampuan manajemen di dalam melihat kemungkinan dan kesempatan dimasa yang akan datang. Cikampek terdapat perkampungan yang penduduknya merupakan pengrajin boneka, Kampung boneka tersebut terletak di Cikampek utara tepatnya di Desa Mekar sari dan lebih dikenal sebagai Kampung baru (Kamba). Lokasi kampung boneka ini tidak jauh dari Stasiun Cikampek, Di kampung tersebut terdapat kurang lebih 50 rumah yang memproduksi boneka dan setiap rumah rata-rata terdapat 5 hingga 10 pekerja yang membuat boneka. (Kompasiana, 21/11/2011). Usaha ini dimulai dari taun 1980. Berkembang pesatnya industri boneka mendukung berkembangnya usaha dalam pemenuhan bahan baku pembuatan usaha tersebut, salah satu usaha yang menjalani pemenuhan bahan baku pembuatan boneka, topi dan lain-lain adalah Usaha dangang Putra Pasti Mandiri (PPM). Usaha ini merupakan usaha keluarga yang di dirikan pada tahun 1998, berikut merupakan laba yang diperoleh selama tiga tahun terakhir. Volume penjualan di mana penghasilannya (revenue) tepat sama besarnya dengan biaya totalnya, sehingga perusahaan tidak mendapatkan keuntungan atau menderita kerugian dinamakan Break Even Point (Bambang Riyanto, 2010 : 360). Rumusan untuk menghitung BEP = titik impas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keseluruhan Break Even toko PPM melalui biaya tetap, biaya variable, dan volume penjulan, sehingga bisa menetukan penjulan minimum agar tidak mengalami kerugian dan menentukan perencanaan laba yang akan di capai oleh pemilik Toko. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto karena variabel yang diteliti tidak dikenai suatu tindakan, perlakuan atau manipulasi, melainkan hanya meneliti dan mengungkapkan faktor-faktor yang diteliti berdasarkan keadaan yang sudah ada. Kata Kunci : Break Even, total fixes cost, total variable cost, sales, perencana laba

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Buku: Abdul Halim dan Bambang Supomo. (2005). Akuntansi Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Baker, Bill (2007). Destination Branding for Small Cities the Essentials for Successful Place Branding. Oregon USA:Creative Leap Books.

Bambang Riyanto. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Handoyo Wibisono. (1997). Manajemen Modal Kerja. Yogyakarta: Andi Offset

Henry Simamora. (1999). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Salemba Empat.

Hansen, Don. R dan Maryanne M. Mowen. (2006). Akuntansi Biaya. Edisi Ketujuh. Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

. (2000) Akuntansi Manajemen, Edisi Kedua, terjemahan : A. Hermawan, Penerbit Erlangga, Jakarta

Matz, Adolph dkk. (1992). Akuntansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian. Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi. (2007). Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Soehardi. 2002. Analisa Break Even Point. Yogyakarta: BPFE Carter, William. K dan Milton F. Usry. (2006). Akuntansi Biaya. Edisi Ketigabelas. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Subardi, agus. 2008. Manajemen Keuangan, Jilid 2. Yogyakarta: AMP YKPN.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta.

Jurnal:

Christina, Rinda. 2013. Analisis Hubungan Break Even Point dengan Perencanaan Laba Jangka Pendek pada CV Adi Putra Utama Palembang. STIE MDP

Cintya, Sacharina. 2014. Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencana Laba Perusahaan pada Industri Pengolahan Tebu di Pabrik Gula Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012-2013 (Studi Kasus Pada PG. Tasik Madu Karanganyar). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hutani, Sulina Surika, et al. (2015). Analisis Break Even Point Usaha Kerupuk SingkongUUD Kelompok Tani Kulim Unggul Kelurahan Kulim Kota Pekanbaru. Universitas Riau– Volume 2, Number 2 (2015).

Penelitian :

Agustina Pradita Maehaeni. 2011. Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba pada Industri Kecil Tegel di Kecamatan Pedurungan Periode 2004-2008 (Studi Kasus usaha manufaktur). Universitas Dipenegoro

Anisa Solihat. 2011. Pengaruh Penetapan Break Even Point. Terhadap Laba pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Universitas Mercubuana Jakarta.

Aulia Puspita KD. 2012. Analisis Brak Even terhadap Perencanaan Laba PR. Kreatifa Hasta Mandiri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Dahlia HB. 2011. Analisis Biaya-Volume-Laba sebagai Alat Bantu dalam Perencanaan Laba PT Pabrik Gula Takalar. Universitas Hasanudin Makasar.

Dewi Rakhmawati. 2008. Analisis Break Even Point (BEP) pada Usaha Pengelolaan Pucuk Daun The (Kasus di Pabrik Teh Sumber Daun Kabupaten Cianjur). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wahyudi Prasetyo. 2010. Analisis Break Even Point (BEP) pada Industri Pengolahan Tebu di Pabrik Gula (PG) Mojo Kabupaten Sragen. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yogi Dwi Lestari. 2012. Analsis Break Even Point (BEP) Sebagai Dasar Perencanaan Laba dan Penjualan (Studi Kasus pada Usaha Kerupuk Rambak UF Wahyu Abadi Tulungagung) . Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Internet:

http://www.karawangkab.go.id

https://mumtazsyamila.wordpress.com/2016/03/02/menyiapkan-kenyamanan-kota-cikampek/

http://cikampekc.blogspot.com/

http://www.kompasiana.com/lutfilaila/negeri-boneka-di-cikampek 21 November 2011 05:04:51 Diperbarui: 25 Juni 2015 23:24:13, diakses 7 Desember 2016 11.05 WIB

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-boneka-cikampek-surga-berburu-aneka-boneka-lucu-1. Senin, 07 November 2011 / 16:22 WIB diakses 7 Desember 2016 11.07 WIB

http://koleksiboneka.com/grosir-boneka-cikampek/ pusat grosir boneka cikampek, hargamurahdanberkualitas

Downloads

Published

2016-10-01

How to Cite

ANALISIS BREAK EVEN SEBAGAI ALAT PERENCANA LABA: KASUS PADA TOKO PUTRA PASTI MANDIRI CIKAMPEK KARAWANG. (2016). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 2(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.182