ANALISIS PROGRAM PEMASARAN PRODUK UMKM DODOL GARUT
Abstract
ABSTRAK Dodol adalah jenis makanan ringan semi basah dan merupakan salah satu jenis makanan ringan khas yang banyak dijurnpai di berbagai daerah di Indonesia. Dilihat dari sifat produknya, dodol mempunyai tekstur yang halus, liat, lunak, memiliki bentuk yang unik, rasa yang beragam dan dapat disimpan untuk jangka waktu tiga sampai empat bulan. Sedangkan berdasarkan karakteristik produknya, dodol memang tergolong ringan dan bukan sebagai makanan utama atau lauk pauk. Pada umumnya produk dodol Garut yang ada di pasaran memiliki karakteristik yang serupa antara satu merek dengan merek laimya baik dari bentuk, aroma, cita rasa, harga dan kemasan, akibatnya konsumen menemui kesulitan dalam membedakan mana produk dodol yang berkualitas baik dan mana produk dodol yang berkualitas rendah. Hal ini pula yang menyebabkan persaingan di bisnis ini semakin ketat. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2017. Teknik analisis data menggunakan Analisis SWOT. Hasil analisa data ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, kemasan, selera masyarakat, promosi serta munculnya kompetitor langsung terhadap keputusan pembelian produk Dodol Garut. Oleh karena itu untuk dapat bersaing di pasaran dan mampu mendapat pasar dan mempertahankannya pada jangka panjang, diperlukan suatu perancangan promosi periklanan yang meliputi perencanaan media dan konsep kreatif yang tepat sasaran dan komunikatif agar dapat bersaing di pasaran dan mampu mendapat pasar dan mempertahankannya pada jangka panjang serta dapat membentuk brand awereness sehingga berdampak positif pada peningkatan jumlah target market dan meningkatkan hasil penjualan dari yang sekarang Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan PembelianReferences
DAFTAR PUSTAKA
Buchari Alma, 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Alfabeta : Bandung.
Cravens, David W., 2000, Strategic Marketing, Sixth Edition, Irwin McGraw-Hill, Boston.
_______, Charles W. Lamb, Jr. dan Victoria L. Crittenden, 1999, Strategic Marketing Management: Cases, McGraw-Hill Companies, Inc., Boston.
_______, dan Nigel F. Piercy, 2003, Strategic Marketing, Seventh Edition, McGraw-Hill Irwin, Boston.
Czinkota, Michael R. dan Masaaki Kotabe, 2001, Marketing Management, Second Edition, South-Western College Publishing, USA.
David, F. R. 2002. Manajemen Strategis (Edisi Bahasa Indonesia) PT. Prenhallindo.
Fitri Lukiastusi Kurniawan, Muliawan Hamdani, 2008. Manajemen Strategik Dalam Organisasi, Media Pressindo, Yogyakarta
Irawan Prasetya. 1999. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : DIA FISIP UI.
Hitt, Michael A., R. Duane Ireland dan Robert E. Hoskisson, 1997, Manajemen Strategis: Menyongsong Era Persaingan dan Globalisasi, Alih Bahasa oleh Armand Adiyanto, Erlangga, Jakarta.
Hill, Charles W.L. dan Gareth R. Jones, 2007, Strategic Management Theory: An Integrated Approach, Houghton Mifflin Company, Boston New York
Hollensen, Svend, 2003, Marketing Management: A Relationship Approach, Prentice Hall, Harlow.
Keegan, Warren. 2003. Manajemen Pemasaran Global. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Knight, Gary, 2000, Entrepreneurship and Marketing Strategy : the SEM Under Globalization, Journal of International Marketing, Vol.8, No.2.
Kotler, Phillip, & Kevin Lane Keller,2009, Marketing Management, 13th edition, Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
______________________________,2008, Manajemen Pemasaran, Buku 1, Edisi Kedua belas, Indeks, Jakarta.
______________________________,2008, Manajemen Pemasaran, Buku 2, Edisi Kedua belas, Indeks, Jakarta.
Kotler, P. dan Amstrong, G. 2003, Principle of Marketing , 9th edition, Printice Hall International, Inc. New Jersey.
McCharty, E. Jerome & William D. Perreault, Jr. 2000, Essential of Marketing, 10th edition, McGraw-Hill, Inc, New York.
Porter, M.E. 2008, Keunggulan Bersaing, cetakan kedua, terjemahan, Dharma, A.,
Rangkuti, F. 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi, Konsep, Strategi untuk Menghadapi Abad 21. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Schoell, W.F dan J.P. Guiltninan. 2008. Marketing:Contempory Cocepts and Practies. Fourth Edition. Prentice Hall.
Stanton, William J, 2002. Prinsip Pemasaran, Edisi 7, Alih Bahasa : Y. Lamarto dan Sadu Sundaya, Erlangga, Jakarta.
Sugiyono, 2003 Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesepuluh, Bandung.
Tjiptono, Fandi, Gregorius Chandra & Dedi Adriana, 2008, Pemasaran Stratejik, ANDI, Jogjakarta.
Umar, H. 2003. Strategic Manajemen in Action. PT. Gramedia Pustaka Utama,Jakarta.
Wheelen, Thomas L. dan David J. Hunger, 2003, Strategic Management: Business Policy, Prentice Hall international, Inc., USA
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).