Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram terhadap Niat Beli Konsumen pada Perusahaan Jasa Travel ZTRANS Shuttle

Authors

  • Fauzian Alief Dermawan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, Bandung
  • Angga Dewi Anggraeni Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, Bandung
  • Kiagus Muhammad Amran Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36805/h2tmm967

Keywords:

Social Media Advertising, Instagram, Consumer Purchase Intention, ZTRANS Shuttle

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh iklan media   terhadap niat beli konsumen pada perusahaan jasa travel ZTRANS Shuttle. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi digital yang mengubah cara perusahaan memasarkan produk dan layanan, dengan harapan iklan media sosial dapat meningkatkan niat beli konsumen, terutama pada perusahaan yang masih dalam tahap pengenalan produk. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 responden yang merupakan calon konsumen ZTRANS Shuttle. Langkah-langkah pemecahan masalah meliputi pengumpulan data, analisis statistik, dan pengujian hipotesis untuk mengukur pengaruh iklan media sosial terhadap niat beli konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya optimalisasi penggunaan media sosial dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan interaksi dan daya tarik konsumen, memberikan wawasan bagi ZTRANS Shuttle dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324.

Ashley, C. & Tuten, T. (2020). Creative strategies in social media marketing: An exploratory study of branded social content and consumer engagement. Journal of Marketing Communications, 26(2), 122–141.

Belch, G.E. & Belch, M.A. (2021). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (12th ed.). New York: McGraw-Hill.

Dwivedi, Y.K., Ismagilova, E., Hughes, D.L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., … & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59, 102168.

Herawati, H. (2020). Pengaruh iklan media sosial Instagram dan celebrity endorser terhadap minat beli (Studi Kasus pada Online Shop Keripik Pisang Coklat Krispbo.id). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 81–97.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2019). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Harlow.

Kotler, P., Kartajaya, H. & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Hoboken: Wiley.

Schiffman, L.G. & Wisenblit, J.L. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson Education.

Sumaa, S., Soegoto, A.S. & Samadi, L.S. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan iklan media sosial terhadap minat beli di e-commerce Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA, 9(4), 304–313.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram terhadap Niat Beli Konsumen pada Perusahaan Jasa Travel ZTRANS Shuttle. (2025). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 11(1), 10-18. https://doi.org/10.36805/h2tmm967

Most read articles by the same author(s)