SOSIALISASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI (HPP) PADA UMKM DESA SUKAMUKTI
DOI:
https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v7i1.9948Abstract
Harga pokok produksi merupakan dasar dalam pengendalian dan pengambilan keputusan. Harga pokok produksi mempengaruhi harga jual suatu produk. Dua hal ini merupakan salah satu faktor yang diperlukan manajemen UMKM sebagai informasi dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Opac Merah dan UMKM Rangginang, untuk dapat melakukan perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan dengan cermat demi mendapatkan laba yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya pelaku UMKM mengetahui apa yang dimaksud dengan biaya produksi, namun mereka belum memahami unsur-unsur perhitungan biaya produksi sehingga menyebabkan harga pokok produksi yang ditetapkan tidak sesuai dengan yang semestinya. Harga pokok produksi yang mereka tetapkan bisa terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. UMKM umumnya mengetahui tentang perbedaan antara perhitungan harga pokok produksi dengan harga pokok penjualan.