SOSIALISASI MEDIA KUPIN PADA PEMBELAJARAN DI JENJANG SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v7i1.9945Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil dan dampak sosialisasi media KUPIN (Kreatif, Unik, dan Pintar) dalam pembelajaran di jenjang sekolah dasar. Media KUPIN
merupakan platform teknologi pembelajaran interaktif yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa serta mempermudah guru dalam menyampaikan
materi. Sosialisasi dilakukan dengan melibatkan guru dan siswa di beberapa sekolah dasar sebagai subjek penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa media KUPIN efektif
dalam meningkatkan pemahaman guru tentang teknologi pendidikan dan memotivasi siswa dalam proses belajar. Respon positif dari siswa terlihat dalam peningkatan keterlibatan dan antusiasme mereka selama pembelajaran. Namun, beberapa kendala ditemukan, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi di sekolah serta perlunya pelatihan lanjutan bagi guru. Dengan demikian, media KUPIN memiliki potensi besar untuk diimplementasikan lebih luas dalam pembelajaran di sekolah dasar, asalkan didukung oleh infrastruktur dan program pelatihan yang memadai.