PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN DAN PENJUALAN PADA SUSU KEDELAI MAVIES
DOI:
https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v6i2.7954Abstract
KKN (Kuliah Kerja Nyata) dilaksanakan secara online oleh Universitas Buana Perjuangan Karawang yang bekerjasama dengan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) yang salah satunya dilakukan di Desa Pangulah Utara. Desa Pangulah Utara berada di Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat, tujuan kkn ini ingin mengangkat potensi yang ada di desa pangulah utara salah satu nya di bidang umkm yaitu susu kedelai mavies yang dimiliki oleh keluarga Viesca yang berdiri sejak tahun 2008, namun promosi dan penjualan produk yang masih dilakukan secara konvensional dengan target pasar yang terbatas yaitu dilingkangan sekitar dan orang-orang terdekat, hal ini menyebabkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Susu Kedelai Mavies kurang berkembang. Tujuan penulis dalam penelitian ini ingin memanfaatkan perkembangan teknologi dengan memperjual belikan secara online melalui e-commerce, pemanfaatan e- commerce dapat meningkatkan promosi dan mendapatkan pasar yang lebih luas dan meningkatkan omzet penjualan. Hal ini pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing bagi UMKM di Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang.