STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA UMKM SUSU KEDELAI MAVIES PANGULAH UTAR
DOI:
https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v6i2.7953Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara online ini bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Tujuan dari KKN ini adalah memperkenalkan bagaimana Pengelolaan Keuangan Berbasis Akuntansi untuk pengelolaan keuangan terhadap pelaku UMKM. Pelaku UMKM yang terlibat dalam KKN ini berjumlah 2 unit pelaku usaha, yaitu Ayam Pocica dan Sule Mavies. Permasalahan yang dihadapi kedua pelaku usaha tersebut, salah satunya adalah strategi pemasaran dalam mempertahankan usaha di tengah pandemi covid-19. Pelaku UMKM seringkali merasa belum optimal dalam strategi pemasaran usahanya, maka dari itu yang menjadi ketertarikan penulis terhadap salah satu UMKM Sule Mavies adalah menggunakan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4P yang terdiri dari strategi produk (product), strategi harga (price), strategi promosi (promotion), dan strategi tempat(place). Kendala yang dihadapi Sule Mavies adalah bahan baku dan keuangan toko. Solusi toko buket bunga gallery daisuki dalam menghadapi pandemi yaitu dengan menjaga cashflow, inovasi produk, memaksimalkan media sosial dan memaksimalkan layanan antar atau delivery. Oleh karena itu, untuk mempertahankan dan meningkatkan pengembangan Sule Mavies terus meningkatkan kualitas produk guna menarik kepercayaan agar terus digunakan oleh konsumen dan membuat diferensiasi produk. Dengan pengembangan produk baru akan menimbulkan ketertarikan konsumen pada inovasi produk tersebut.