PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tia Latifatu Sa’diah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Hikmatun Nadzilah Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode struktural analitik sintetik (SAS) terhadap keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas II SDN Ciwaringin I. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan pendekatan ekperimen. Metode penelitian yang digunakan Pre -eksperimental design dengan tipe One Grup pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Ciwaringin I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis berjumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan metode struktural analitik sintetik (SAS).

Published
2024-02-13