OPTIMALISASI PEMAHAMAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH GURU PADA MGMP PPKN SMA KAB. KARAWANG

Authors

  • Yogi Nugraha Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Repelita Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v6i1.6220

Abstract

Pengabdian pada masyarakat bertujuan mendeskripsikan proses penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan publikasi karya ilmiah kepada guru-guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tingkat SMA di Kabupaten Karawang. Menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengalaman langsung dalam penyusunan PTK dan publikasi karya ilmiah. Diharapkan terbentuk draft proposal dan laporan PTK dari guru-guru, serta draft publikasi karya ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal terkait. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan keberhasilan, dengan 13 guru PPKn SMA di Kabupaten Karawang aktif mengikuti pelatihan. Pada awal pelatihan, para guru mengisi lembar pretest untuk mengukur pemahaman awal mereka tentang PTK dan publikasi ilmiah.

Downloads

Published

2024-02-02