PENINGKATAN PEMASARAN DIGITAL DALAM MENDUKUNG KINERJA PEMASARAN UMKM PADA KOMUNITAS SAHABAT UMKM KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • April Lia Hananto Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v6i1.6215

Abstract

Sistem informasi teknologi terutama digital marketing saat ini menjadi solusi parapelaku usaha terhadap permasahaan rendahnya kinerja pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Melalui peningkatan teknologi pemasaran digital untuk diterapkan secara baik guna mendukung kinerja pemasaran UMKM. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman melalui bimbingan pemasaran digital UMKM yang mudah dilakukan oleh para pelaku usaha. Metode pengabdian ini menggunakan metode diskusi dan pendampingan kepada para pelaku usaha. Hasil pelaksanaan pengabdian yang dilakukan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital, masih terbatasnya para pelaku usaha
dalam menerapkan pemasaran digital untuk meningkatkan kinerja pemasaran, pemasaran digital dan fotografi sangat diperlukan oleh para pelaku usaha dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Rekomendasi selanjutnya adalah implementasi model pemasaran digital, melakukan pelatihan secara rutin dana terjadwal model pemasaran digital dan aplikasi berbasis internet; melakukan pembimbingan implementasi model pemasaran digital; selanjutnya melakukan evaluasi efektifitas hasil dari implementasi model pemasaran digital.

Downloads

Published

2024-02-02