PELATIHAN EKONOMI KREATIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI KARANG TARUNA, UMKM MASYARAKAT LOKAL DALAM STRATEGI PEMASARAN “CARIUMULYA CREATIVE
DOI:
https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v5i2.5779Abstract
Industri Kreatif adalah suatu konsep yang menggabungkan ide, kreativitas, keterampilan, dan inovasi untuk menciptakan produk yang produktif. Dalam konteks Desa Cariumulya, konsep Desa Wisata berbasis ekonomi kreatif menjadi prioritas utama untuk mengembangkan potensi pariwisata. Namun, salah satu permasalahannya adalah kurangnya minat dari pemuda Karang Taruna untuk berkontribusi dalam kegiatan masyarakat dan rendahnya minat berwirausaha untuk memajukan desa serta kurangnya sinergi antara berbagai elemen masyarakat.
Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) diarahkan untuk menerapkan model ekonomi kreatif berbasis pariwisata dengan memanfaatkan teknologi. Melalui metode Focus Group Discussion, presentasi, dan demonstrasi, kegiatan KKN bertujuan untuk menangkap peluang usaha digital dan menciptakan Cariumulya Creative. Selama kegiatan KKN, Karang Taruna di Desa Cariumulya menghasilkan kreativitas dalam desain toko online, pengemasan produk, dan memasarkan produk melalui video.Dengan penerapan model ekonomi kreatif berbasis pariwisata dan memanfaatkan teknologi, diharapkan dapat meningkatkan minat berwirausaha di kalangan pemuda Karang Taruna serta memajukan potensi pariwisata Desa Cariumulya secara berkelanjutan.