PENINGKATAN PRESTASI SISWA SMK TEKNIKOM CIKARANG MELALUI PEMANFAATAN INTERNET DI ERA INDUSTRI 4.0

  • Ahmad Fauzi
  • Sutan Faisal
  • Amril Mutoi

Abstract

SMK Teknikom Cikarang merupakan sekolah kejuruan di kabupaten Bekasi pada bidang teknik pemesinan, teknik pengendalian produksi, teknik kendaraan ringan, teknik komputer dan jaringan, dan multimedia. Letaknya yang berada pada Kawasan industri potensial menuntut lulusan yang memiliki keahlian sesuai kebutuhan industri pada era industri 4.0. Para siswa perlu diberikan motivasi, pengetahuan dan keahlian dalam pemanfaatan internet untuk meningkatkan potensi yang dimiliki. Internet merupakan teknologi yang menyediakan berbagai data dan informasi dari penulis atau pengisi konten mengenai topik tertentu. Melalui pelatihan pemanfaatan internet untuk siswa SMK Teknikom Cikarang, siswa dapat menggunakan internet secara sehat, mendapatkan data dengan pencarian melalui key yang tepat, memanfaatkan Google Applications dengan lebih baik. Hal tersebut menunjang peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran di sekolah maupun peran di masyarakat.

Kata kunci—era industri, internet, prestasi siswa

SMK Teknikom Cikarang is a vocational school in Bekasi district in the fields of engineering, production control techniques, light vehicle engineering, computer and network engineering, and multimedia. Its location in a potential industrial area demands graduates who have skills according to industrial needs in the industrial era 4.0. Students need to be given motivation, knowledge and skill in using the internet to increase their potential. Internet is a technology that provides various data and information from writers or content fillers on certain topics. Through internet use training for SMK Teknikom Cikarang students, students can use the internet healthily, get data by searching through the right key, make better use of Google Applications . This supports the improvement of student achievement in learning at school and the role in society.

 Keywords—industrial era, internet, student achievement

Published
2022-12-12