SOSIALISASI BAURAN PEMASARAN PADA KOPERASI KONSUMEN YAYASAN PUSAKA RAUDHATUL IRFAN DESA KUTAWARGI KEC. RAWAMERTA KAB. KARAWANG

Authors

  • Puji Isyanto
  • Dini Yani
  • Daeana Irawati

DOI:

https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v4i1.2301

Abstract

mengetahui bauran pemasaran yang tepat bagi koperasi konsumen Yayasan
Pusaka Raudhatul Irfan dalam menjalankan usahanya sehingga dapat
berkembang dan berjalan secara maksimal yang pada akhirnyaa diharapkan
dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan Yayasan Pusaka Raudhatul Irfan
khususnya serta masyarakat sekitar pada umumnya. Metode pengabdian kepada
masyarakat yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. Materi mencakup teori
tentang bagaimana menemukan peluang bisnis/usaha dan bauran pemasaran yang
tepat dalam upaya meningkatkan pengelolaan koperasi konsumen pada yayasan
Pusaka Raudhatul Irfan dengan sebaik mungkin. Sosialisasi dan Pendampingan
tentang pengelolaan bauran pemasaran dari produk yang dihasilkan oleh yayasan
Pusaka Raudhatul Irfan agar mampu berkembang dan dapat diberdayakan melalui
koperasi konsumen pada yayasan tersebut. Peserta diberikan pemahaman terkait
pentingnya membaca peluang bisnis/usaha, pemberdayaan koperasi, dan
perancangan strategi bisnis yang tepat dengan harapan agar usaha koperasi pada
yayasan tersebut bisa berkembang dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan
ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi yayasan Pusaka Raudhatul Irfan
melalui peningkatan usaha koperasi konsumen dengan menerapkan bauran
pemasaran yang tepat.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Koperasi.

The organization of this community service activity aims to find out the right
marketing mix for the Raudhatul Irfan Heritage Foundation consumer cooperative in
running its business so that it can develop and run optimally which in the end is
expected to improve the economy and welfare of the Raudhatul Irfan Heritage
Foundation in particular and the surrounding community in general. The community
service method used is lecture and discussion. The material includes theories on how
to find business/business opportunities and the right marketing mix to improve the
management of consumer cooperatives at the Pusaka Raudhatul Irfan foundation as
well as possible. Socialization and Assistance on the management of the marketing mix
of products produced by the Raudhatul Irfan Heritage foundation so that they can
develop and can be empowered through consumer cooperatives at the foundation.
Participants were given an understanding regarding the importance of reading
business/business opportunities, empowering cooperatives, and designing
appropriate business strategies in the hope that cooperative businesses at the
foundation can develop well. The results obtained from this activity are expected to
contribute to the Pusaka Raudhatul Irfan foundation through increasing the consumer
cooperative business by implementing the right marketing mix.
Keywords— Marketing mix, Cooperative

Downloads

Published

2022-02-01