SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PERPUSTAKAAN KAB KARAWANG

  • Tukino Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Faqih Pratama Muthi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aditia Agustian Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kegiatan Layanan Perpustakaan Karawang dibuka mulai jam 08.00 pagi sampai dengan jam

17.00 sore. Perpustakaan Karawang merupakan bentuk perpustakaan yang milik Pemda Kabupaten Karawang yang dipergunakan untuk umum baik masyarakat Karawang maupun masyarakat dari luar Karawang. Sistem informasi layanan Perpustakaan dapat memudahkan bagi pengunjung atau anggota untuk mencari referensi sebagai sumber bacaan. Keberadakan Sistem informasi layanan perpustakaan perlu diperkenalkan kepada masyarakat setempat, agar animo masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan semakin meningkat sehingga terbentuk budaya gemar membaca.

 

Melalui LPPM dan Program Studi Sistem Informasi mengadakan penelitian terhadap penerapan tatakelelo teknologi informasi dalam bidang layanan perpustakaan Kab. Karawang. Setelah dilakukan analisa, bahwa Perpustakaan Kabupaten Karawang membutuhkan sebuah Sistem Informasi untuk memberikan layanan yang optimal bagi seluruh stakeholder.

 

Pembuatan Sistem Informasi Layanan Perpustakaan Kab Karawang dapat diselesaikan tepat waktu dan dapat digunakan sebaik mungkin. Sebelum Sistem Informasi digunakan secara resmi, perlu dilakukan sosialisasi terhadap pegawai yang nantinya bertanggungjawab dalam pengoperasian dan bagi anggota perpustakaan yang akan menggunakan sistem informasi tersebut. Setelah dilakukan sosialisasi, dilanjutkan dengan Program pendampingan selama uji coba sistem.

 

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat memberikan dampak yang positif dalam pengembangan tata kelola teknologi informasi yaitu : 1) Terlaksananya layanan perpustakaan secara komputerisasi, 2) Masyarakat dapat mengakses secara langsung koleksi buku dengan cepat dan mudah, 3) Memberikan daya tarik bagi masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan dan 4) Meningkatkan kinerja staf perpustakaan

 

Kata Kunci : Penerapan, Sistem Informasi Layanan Perpustakan, Peminjaman Buku.

Published
2021-08-23