PENGGUNAAN APLIKASI FIGMA DALAM MEMBANGUN UI/UX YANG INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK TASIKMALAYA

  • Rully Pramudita Universitas Bina Insani
  • Rita Wahyuni Arifin Universitas Bina Insani
  • Ari Nurul Alfian Universitas Bina Insani
  • Nadya Safitri Universitas Bina Insani
  • Shilka Dina Anwariya

Abstract

Keberadaan UserInterface (UI) dan User Experience (UX) Designer semakin dibutuhkan beberapa waktu belakangan. Salah satu alasannya karena banyak perusahaan yang mulai menggunakan platform mobile dan situs untuk perkembangan bisnis. Dalam menjawab tantangan ini maka pengetahuan mengenai UI/ UX diperlukan dalam hal melakukan perancangan program, hal ini pun sejalan dengan salah satu tujuan dari profil Prodi S1 Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya yaitu; Menghasilkan tenaga ahli di bidang Teknik Informatika yang unggul, terampil menggunakan TIK serta memiliki pengetahuan pendukung yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditanganinya. Kemampuan penguasaaan teknologi dan informasi khususnya kepada mahasiswa semester 3 dari Program Studi Teknik Informatika dalam penguasaan konsep desain UI/UX sangat diperlukan. Melalui kegiatan PkM yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting dan live www.youtube.com, dan diperoleh hasil melalui kuesioner respon balik dari peserta mengenai tingkat kepuasan sebanyak 50% merasa puas, 38,1% merasa puas sekali, dan 11,9% merasa cukup puas dengan adanya PkM ini. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi untuk dapat bersaing pada masa indutri 4.0 ini.

 Kata kunci—figma, pengabdian masyarakat, ui/ux, user experience, user interface.

The existence of UserInterface (UI) and User Experience (UX) Designer has been increasingly needed in recent times. One of the reasons is because many companies are starting to use mobile platforms and websites for business development. In answering this challenge, knowledge of UI / UX is needed in terms of conducting program design, this is also in line with one of the goals of the S1 Informatics Engineering Study Program profile, STMIK Tasikmalaya, namely; Producing experts in the field of Information Technology who are superior, skilled in using ICT and have supporting knowledge that is relevant to the type of work they handle. The ability to control technology and information, especially for 3rd semester students of the Informatics Engineering Study Program, in mastering the UI / UX design concept is needed. Through PkM activities carried out online through zoom meetings and live www.youtube.com, and results were obtained through questionnaire responses from participants regarding the satisfaction level of 50% being satisfied, 38.1% very satisfied, and 11.9% feeling quite satisfied with this PkM. Thus, it is hoped that students can increase their insight and competence to be able to compete in this industrial era 4.0.

Keywords— community service, figma, ui/ux, user experience, user interface.

Published
2021-07-14