PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA EDUKASI ANTI-BULLYING BAGI SISWA SEKOLAH

Authors

  • Ayu Ratna Juwita
  • Cici Emilia Sukmawati
  • Rizki Mohamad Eka Marsa Sadjat
  • Adi Rizky Pratama
  • Tohirin Al Mudzakir

DOI:

https://doi.org/10.36805/srb1ac28

Abstract

Kemajuan teknologi informasi membawa dampak signifikan terhadap pola interaksi sosial di kalangan siswa. Media sosial tidak hanya menjadi sarana komunikasi dan ekspresi diri, tetapi juga membuka peluang munculnya fenomena negatif seperti cyberbullying. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana edukasi anti-bullying bagi siswa sekolah. Program dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wanayasan melalui pendekatan partisipatif yang melibatkan 
siswa dan guru dalam bentuk penyuluhan, workshop literasi digital, serta praktik pembuatan konten kreatif berbasis media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai bentuk, dampak, dan pencegahan cyberbullying. Siswa mampu menghasilkan konten edukatif berupa poster digital dan video singkat yang dipublikasikan melalui platform media sosial sekolah, dan mendapat respon positif dari teman sebaya. Temuan ini mengindikasikan bahwa media sosial efektif digunakan sebagai sarana edukasi anti-bullying karena mampu meningkatkan literasi digital, menumbuhkan empati, serta memperkuat kesadaran kolektif di lingkungan sekolah. Walaupun dampak langsung terhadap penurunan kasus bullying belum dapat diukur secara menyeluruh, program ini menjadi langkah strategis dalam membangun budaya sekolah yang aman, inklusif, dan bebas dari praktik perundungan. 

Downloads

Published

2025-08-29