Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Administrasi Pendidikan di Sekolah dengan Melibatkan Partisipasi Aktif Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.36805/rtzxf645Abstract
Pengelolaan administrasi pendidikan yang baik adalah elemen kunci dalam memastikan kualitas pendidikan di sekolah. Meskipun pengelolaan administrasi pendidikan telah menjadi fokus utama di banyak sekolah, keterlibatan masyarakat dalam pengelolaannya masih sering diabaikan. Padahal, partisipasi masyarakat dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kualitas layanan pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pengelolaan administrasi pendidikan di sekolah, serta dampaknya terhadap kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di beberapa sekolah yang telah berhasil melibatkan masyarakat dalam proses pengelolaan administrasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan administrasi pendidikan dapat memperbaiki aspek pengelolaan sumber daya, perencanaan anggaran, serta meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.