Main Article Content

Abstract

Banyaknya komponen dalam industri manufaktur memerlukan penggunaan teknik pengelasan yang efektif dan efisien. Pengelasan gesekan adalah metode penyambungan benda padat di mana laju rotasi satu benda kerja digabungkan dengan laju rotasi ujung benda kerja yang lain. Durasi gesekan, kecepatan rotasi, dan tekanan merupakan variabel penting dalam pengelasan gesekan karena mempengaruhi kualitas dan hasil proses. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah baja St.60. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah kecepatan putar 2300 rpm, waktu gesekan 60 detik dan tekanan 70 Psi. Dengan memvariasikan pendingin. Setelah pengelasan gesekan, benda kerja dipadamkan dengan minyak pendingin, air garam, udara dan air. Untuk mengetahui sifat mekanik dari hasil pengelasan ini dilakukan pengujian kekerasan dan pengujian tarik. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa variasi cairan pendingin mempengaruhi metode las gesekan. Hasil kekerasan tertinggi daerah sambungan sebesar 170 HB terdapat pada variasi fluida pendingin air asin, kekerasan terendah pada daerah sambungan sebesar 112,33 HB terdapat pada variasi fluida pendingin udara. Hasil kekuatan tarik tertinggi sebesar 517,82 N/mm² terdapat pada variasi pendingin air asin. sedangkan kekuatan tarik terendah sebesar 291,70 N/mm² terdapat pada variasi fluida pendingin air.


Many components in the manufacturing industry necessitate the use of effective and efficient welding techniques. Friction welding is a method of joining solid objects in which the rotation rate of one workpiece is combined with the rotation rate of the other end of the workpiece. Friction duration, rotational speed, and pressure are all critical variables in friction welding because they affect the quality and outcome of the process. The material used in this research is St.60 steel. The parameters used in this study are the rotational speed of 2300 rpm, the friction time of 60 seconds and the pressure of 70 Psi.  By varying the coolant. After friction welding , the workpiece is quenched with coolant oil, salt water, air and water. To determine the mechanical properties of this welding result, this research is carried out by testing the hardness and tensile testing. From the results of this study, it is known that the variation of the coolant affects the friction welding  method. The result of the highest hardness of the connection area of 170 HB is found in the variation of the salt water cooling fluid, the lowest hardness of the connection area of 112.33 HB is found in the variation of the air cooling fluid. The result of the highest tensile strength of 517.82 N/mm² was found in the variation of the salt water coolant. while the lowest tensile strength of 291.70 N/mm² was found in the variation of the water cooling fluid.

Keywords

Pengelasan gesekan, Pendingin baja St.60, Uji tarik, Uji kekerasan

Article Details

How to Cite
Agus Suprayitno, Rohman, & Dimas Sanjaya. (2022). ANALISIS SIFAT MEKANIS BAJA St.60 HASIL PENGELASAN FRICTION WELDING DENGAN VARIASI PENDINGIN. Jurnal Teknik Mesin Mechanical Xplore, 2(2), 9-18. https://doi.org/10.36805/jtmmx.v2i2.2168

References

  1. [1] A. Abdurahman, S. Sukarman, A. Djafar Shieddieque, S. Safril, D. Setiawan, and N. Rahdiana, “EVALUASI KEKUATAN UJI TARIK PADA PROSES PENGELASAN BUSUR LISTRIK BEDA MATERIAL SPHC DAN S30-C,” vol. 1, no. 2, pp. 29–37, 2021.
  2. [2] S. Tathgir, D. W. Rathod, and A. Batish, “Mechanical Engineering for Society and Industry Emphasis of Weld Time , Shielding Gas and Oxygen Content in Activated Fluxes on the Weldment Microstructure,” vol. 1, no. 2, pp. 86–95, 2021.
  3. [3] M. R. Gita Firmansyah, S. Solichin, and R. Poppy Puspitasari, “Analisis Kecepatan Putar, Durasi Gesek dan Tekanan Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Pengelasan Gesek (FRW),” J. Tek. Mesin dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2, p. 1, 2019.
  4. [4] S. Sukarman, A. Abdulah, D. A. Rajab, and C. Anwar, “Optimization of Tensile-Shear Strength in the Dissimilar Joint of Zn-Coated Steel and Low Carbon Steel,” Automot. Exp., vol. 3, no. 3, pp. 115–125, 2020.
  5. [5] S. Sukarman and A. Abdulah, “Optimasi parameter resistance spot welding pada pengabungan baja electro-galvanized menggunakan metode Taguchi,” Din. Tek. Mesin, vol. 11, no. 1, pp. 39–48, 2021.
  6. [6] R. Datta, D. Mukerjee, S. Jha, K. Narasimhan, and R. Veeraraghavan, “Weldability characteristics of shielded metal arc welded high strength quenched and tempered plates,” J. Mater. Eng. Perform., vol. 11, no. 1, pp. 5–10, 2002.
  7. [7] M. Rizkhi, “Pengaruh kecepatan putar terhadap kualitas sambungan las FRW magnesium AZ-31,” J. Teknol. dan Inov. Ind., vol. 1, no. 1, 2020.
  8. [8] P. Haryanto, R. Ismail, jamari, and S. Nugroho, “Pengaruh gaya tekan, kecepatan putar, dan waktu kontak pada pengelasan gesek baja st60 terhadap kualitas sambungan las,” Jur. Tek. mesin Politek. Negeri Semarang, vol. 2, pp. 88–93, 2011.
  9. [9] H. Nur, “Pengaruh Penggunaan Media Pendingin Air Garam , Air Tawar , dan Air Asam pada Perlakuan Panas terhadap Kekerasan Baja St.60,” pp. 1–11, 2017.
  10. [10] K. Khoirudin et al., “Mechanical Engineering for Society and Industry A Report on Metal Forming Technology Transfer from Expert to Industry for Improving Production Efficiency,” pp. 93–100, 2021.
  11. [11] A. Abdulah and S. Sukarman, “OPTIMASI SINGLE RESPONSE PROSES RESISTANCE SPOT WELDING,” Multitek Indones. J. Ilm., vol. 6223, no. 2, pp. 69–79, 2020.
  12. [12] F. M. Company and F. M. Company, “Non-destructive evaluation of spot-weld quality,” pp. 101–136, 2010.
  13. [13] D. Dimyati, A. D. Ashiedieque, and F. M. Dewadi, “Evaluasi Kekuatan Resistance Spot Welding Pada Proses Tailor Welded Blankss Menggunakan Mill-Steel Beda Ketebalan,” vol. 02, no. 01, pp. 96–107, 2021.
  14. [14] ASTM, Standard Test Methods for Tension Testing of Metallic Materials. 2013.
  15. [15] M. P. Mubiayi, E. T. Akinlabi, and M. E. Makhatha, Current Trends in Friction Stir Welding (FSW) and Friction Stir Spot Welding (FSSW), vol. 6. 2019.
  16. [16] D. Darmulia, “Pengaruh Variasi Putaran Motor Terhadap Kekuatan Sambungan Las FRW Pada Baja St.60,” ILTEK J. Teknol., vol. 11, no. 01, pp. 1567–1572, 2016.
  17. [17] G. Vernoval, S. Jokosisworo, and berlian arswendo Adietya, “Analisa Kekuatan Puntir, Kekuatan Tarik dan Kekerasan Baja St.60 sebagai Bahan Poros Baling-baling Kapal (Propeller Shaft) setelah Proses Tempering,” Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 2, pp. 152–160, 2019