ANALISA DEFECT PRODUK REAR DOOR BAGIAN KIRI DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA DMAIC DAN FMEA
Kata Kunci:
dmaic, fmea, quality, rear door lh, six sigma.Abstrak
This study aims to find out the problems faced by the company today is how to improve the quality of the stargazer
which for several months does not meet the expected target, from several sub-assy processes that contribute the
most defects, namely in the rear door LH process. This study uses a Six Sigma and FMEA approach with an
improvement process that aims to find and eliminate the causes of defects that often occur. The stages used are
the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve and Control). In the define stage, it is known that the highest
Pareto defect diagram is the defect bump, in the measuring stage, 3D scanning measurements are carried out and
determine the DPMO value, in the analysis stage, gap measurements are carried out at the rear door LH to
determine the X bar map and R bar map as well as process capability measurement and analysis is carried out
fishbone diagram, the Improve stage uses FMEA which measures RPN data, after knowing the root of the problem
and improvement process is carried out with predetermined proposals to improve and reduce the number of
product defects that occur at the rear door LH and lastly at the control stage aims to prevent defects from
occurring return.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan saat ini adalah
bagaimana meningkat kualitas dari stargazer yang beberapa bulan tidak memenuhi target yang diharapkan, dari
beberapa proses sub assy yang ada dan paling banyak menyumbang defect yaitu di proses rear door LH.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Six Sigma dan FMEA dengan proses improvement yang bertujuan untuk
mencari dan mengeliminasi penyebab dari defect yang sering terjadi. Tahapan yang digunakan yaitu tahapan
DMAIC (Define, Measure, Analysis, Improve dan Control). Pada tahap define diketahui diagram pareto defect
yang paling tertinggi yaitu defect bump, tahap measure dilakukan pengukuran 3D scanning dan menentukan nilai
DPMO, tahap analysis dilakukan pengukuran gap pada rear door LH untuk mengetahui peta X bar dan peta R
bar serta pengukuran kapabilitas proses dan dilakukan analisis diagram fishbone, tahap Improve menggunakan
FMEA yang dilakukan pengukuran data RPN, setelah diketahuai akar permasalahan dilakukan proses
improvement dengan usulan-usulan yang telah ditentukan untuk memperbaiki dan mengurangi jumlah produk
defect yang terjadi pada rear door LH dan terakhir pada tahap control bertujuan agar defect tidak terjadi
kembali.
Kata Kunci : DMAIC, FMEA, kualitas, rear door LH, six sigma.
Referensi
Dd Samosir, H., & Setiawannie, Y. (2021). Analisa Pengendalian Kualitas Produk Ikan Tuna Dengan Metode Six sigma dan Analisa Kaizen di PT. Medan Tropical Canning & Industri Frozen Analysis Of Quality control Of Tuna Fish Products Using Six sigma Method And Caizen Analysis In PT. Medan Tropical Canning & Frozen Industries. IESM Journal, 2(1), 42.
Eka Saputri, A. (2018). Analisa Perbaikan Kualitas Untuk Mengurangi Jumlah Reject Pada Produk Mizone Di PT. Tirta Investama Dengan Metode Six Sigma (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana).
Ekawati, R., & Rachman, R. A. (2018). Analisa Pengendalian Kualitas Produk Horn Pt. Mi Menggunakan Six sigma. In Journal Industrial Servicess (Vol. 3).
Fitriana, R., & Anisa, N. (2019). Perancangan Pebaikan Kualitas Produk Baut dan Sekrup Menggunakan Metode Six Sigma dan Data Mining di PT. A. Jurnal Teknik Industri, 9(1), 46-53.
Gijo, E. V., Palod, R., & Antony, J. (2018). Lean Six Sigma approach in an Indian auto ancillary conglomerate: a case study. Production Planning & Control, 29(9), 761-772.
Hisprastin, Y., & Musfiroh, I. (2021). Ishikawa diagram dan failure mode effect analysis (FMEA) sebagai metode yang sering digunakan dalam manajemen risiko mutu di industri. Majalah Farmasetika, 6(1), 1-9.
Khan, M. A., Ali, M. K., & Sajid, M. (2022). Lean Implementation Framework: A Case of Performance Improvement of Casting Process. IEEE Access, 10, 81281-81295