ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DAN TINGKAT KELELAHAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI PADA MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI (Studi Kasus di Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Abstract
Penyesuaian pada sistem pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 menyebabkan
terjadinya peningkatan beban kerja mental dan tingkat kelelahan pada mahasiswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor independen dan hubungan antar elemen
beban kerja mental dan kelelahan pada mahasiswa/i Teknik Industri selama pembelajaran daring.
Metode penelitian yang digunakan yaitu NASA-TLX dan SOFI. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
pengaruh yang signifikan antara status pernikahan terhadap tingkat beban kerja mental dengan
Pvalue = 0.016, sedangkan pada status mahasiswa dan jenis kelamin tidak terdapat pengaruh yang
signifikan dengan Pvalue = 0.435 dan Pvalue = 0.210. Kemudian antara status mahasiswa dan jenis
kelamin terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kelelahan dengan Pvalue = 0.008 dan
Pvalue = 0.000, sedangkan pada status pernikahan terdapat pengaruh yang signifikan dengan
Pvalue= 0.326. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa pada metode NASA-TLX terdapat 6 pasang
elemen menghasilkan hubungan yang signifikan dengan Pvalue = 0.000, sedangkan pada 8 pasang
elemen lainnya tidak terdapat hubungan yang signifikan dimana p > 0.05. Kemudian pada metode
SOFI menunjukkan bahwa seluruh elemen memiliki hubungan yang signifikan dengan Pvalue = 0.000.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi oleh institusi terkait demi tercipta
pembelajaran daring yang baik dan efektif.
Kata Kunci: Beban Kerja Mental; Kelelahan; NASA-TLX; Pembelajaran Daring; SOFI.
Adjustments to the online learning system during the COVID-19 pandemic led to an increase in mental
workload and fatigue levels for students. This study aims to determine the effect of independent factors
and the relationship between elements of mental workload and fatigue on Industrial Engineering
students during online learning. The research methods used are NASA-TLX and SOFI. The results
showed that there was a significant effect between marital status on the level of mental workload with
Pvalue = 0.016, while on student status and gender there was no significant effect with Pvalue = 0.435
and Pvalue = 0.210. Then between student status and gender there was a significant effect on the level
of fatigue with Pvalue = 0.008 and Pvalue = 0.000, while marital status had a significant effect with
Pvalue = 0.326. The correlation test results show that in the NASA-TLX method there are 6 pairs of
elements producing a significant relationship with Pvalue = 0.000, while in the other 8 pairs of
elements there is no significant relationship where p> 0.05. Then the SOFI method shows that all
elements have a significant relationship with Pvalue = 0.000. The results of this study can be used as
evaluation material by related institutions in order to create good and effective online learning.
Keywords : Mental Workload; Fatigue Levels; NASA-TLX; Online Learning; SOFI.