HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP NON RACIKAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS CIKAMPEK UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36805/jpx.v7i1.2334Kata Kunci:
Kepuasan, Waktu tunggu, PelayananAbstrak
Pelayanan yang berkualitas akan membuat pasien merasa puas. Pasien akan merasa puas ketika mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan dan persepsi yang dimilikinya. Studi pendahuluan mengenai tingkat kepuasan pasien terhadap waktu tunggu pelayanan resep non racikan, dan dihasillkan sebanyak 70% pasien merasa tidak puas dengan lamanya waktu tunggu tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep non racikan dan menganalisis hubungan waktu tunggu pelayanan resep non racikan dengan tingkat kepuasan di instalasi farmasi Puskesmas Cikampek Utara. Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dimana pengambilan data dilakukan secara prospektif, Jumlah sampel sebesar 100 pasien. Hasil pada penelitian ini sebagian besar merasa tidak puas yaitu sebesar 46 pasien (46%). Terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep non racikan dengan tingkat kepuasan di Puskesmas Cikampek Utara dengan p-value 0,000 (< 0,05).