STUDI SURVEI KEPUASAN PASIEN: PERAN PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS AIR DINGIN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.36805/jpx.v9i2.8084Kata Kunci:
Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, PuskesmasAbstrak
Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) merupakan salah satu fasilitas kesehatan primer yang berperan sebagai garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu pilar penting dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan di puskesmas ialah pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian yang dimaksud mencakup pemberian obat, informasi penggunaan obat dan konseling kepada pasien. Kepuasan pasien adalah indikator yang penting yang digunakan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan Kesehatan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui tingkat kepuasan yang dirasakan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dan mengevaluasi pelayanan kefarmasian di Puskesmas Air Dingin sebagai bentuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan survei melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan secara crosssectional pada bulan September 2024 di Puskesmas Air Dingin kota Padang dengan 45 responden. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu tingkat kepuasan pasien pada aspek reliability 82,78% (sangat puas), aspek responsive 91,81% (sangat puas), aspek assurance 98,44% (sangat puas), aspek emphaty 91,68% (sangat puas), dan pada aspek tangible 85,85% (sangat puas). Berdasarkan hasil penelitiann yang sudah dilakukan, disimpulkan bahwa kepuasan pasien disemua aspek yaitu 90,11% termasuk pada kategori sangat puas.
Referensi
Amalia, K.C., Pratiwi, M., Syamsuri, E., dan Putri, D.K. Evaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Gadingrejo. Jurnal Farmasi Universitas Aisyah Pringsewu, 2023, 2(2), 86-98.
Amanda, M., Frianto, D., Alkandahri, M.Y., dan Hidayah, H. Analisis pengelolaan sediaan farmasi pada masa pandemi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Rawamerta. Jurnal Buana Farma, 2021, 1(3), 37-40.
Amrullah, H., Satibi, dan Fudholi, A. Analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menggunakan metode servqual berdasarkan status akreditasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Majalah Farmaseutik , 2020, 6(2), 193-201.
Arfania, M., Frianto, D., Astuti, D., Anggraeny, EN., Kurniawati, T., Alivian, R., and Alkandahri, MY. Measurement of adherence level of pulmonary tuberculosis drugs use in patients in the Primary Health Centers in Karawang Regency, West Java, Indonesia, using MMAS instrument. Journal of Pharmaceutical Research International, 2021; 33(54A), 115-120.
Azahra, N.P., dan Atmawinata, M.R. Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Sukarasa Kota Bandung. JMIAK: Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan, 2024, 7(1), 46-52.
Devi, D., Tikirik, W.O., Sahrianti, N., Nursanti, A., Tarnoto, T., dan Nasrullah, N. Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Hinua. Jurnal Ners, 2024, 8(2), 1613-1617.
Hidayah, N., Sitepu, N. ., Hilda, H. ., Masniah, M., dan Ulina, K. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Bromo Kecamatan Medan Denai. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 2023, 9(1), 27-35.
Iriyanti, M., Zulfikar, dan Yusran, M., 2021. Hubungan mutu pelayanan kefarmasian dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Serambi Saintia: Jurnal Sains dan Aplikasi, 2021, IX (1), 49-55.
Jaya, M.K.A., dan Apsari, D.P. Gambaran waktu tunggu dan identifikasi faktor yang mempengaruhi lama waktu tunggu pelayanan obat atas resep dokter di Puskesmas Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Medicamento, 2018, 4(2), 94-99.
Mahendro, U.J., Ningsih, D., dan Handayani, S.R. Analisis Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 2022, 7(2), 86-93.
Mustiqawati, E., Alami, R., dan Yolandari, S. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Jurnal Promotif Preventif, 2023, 6(3), 430-437.
Nurrohmah, C., Diany Astuti, D., dan Alkandahri, M.Y. Analisis hubungan sikap dan pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan fe pada ibu hamil di Puskesmas Klari. Pharma Xplore: Jurnal Sains dan Ilmu Farmasi, 2020, 5(2), 76-86.
Nurrohmah, C., Diany Astuti, D., dan Alkandahri, M.Y. Analisis hubungan sikap dan pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan Fe pada ibu hamil di Puskesmas Tirtamulya. Pharma Xplore: Jurnal Sains dan Ilmu Farmasi, 2020, 5(2), 87-98.
Putri, D.K., Maliza, F.N., Miftausakina, T. Evaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPTD Puskesmas Pringsewu Tahun 2022. Jurnal Farmasi Universitas Aisyah Pringsewu, 2023, 2(1), 27-34.
Wardan, H.K. Analysis of patient satisfaction with pharmaceutical services at the Northern Region Primary Health Center of Kediri City in 2019. Strada Journal of Pharmacy, 2019, 1(2), 41-47.
Yuliani, N.N., Rae, A., Hilaria, M., dan Takubessi, M. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Oebobo Kota Kupang. Jurnal Inovasi Kebijakan, 2020, 5(1), 41-5