HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP NON RACIKAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS CIKAMPEK UTARA
Abstract
Quality services will make patients feel satisfied. Patients will feel satisfied when they get services according to their needs and perceptions. Preliminary study regarding the level of patient satisfaction with waiting times for non-concoction prescription services, and it was found that 70% of patients were dissatisfied with the length of the waiting time. The purpose of this study was to determine the level of patient satisfaction with non-concoction prescription services and to analyze the relationship between waiting time for non-concoction prescription services and the level of satisfaction at the pharmacy installation of the North Cikampek Public Health Center. This research is an observational analytic study where data collection is done prospectively. The number of samples is 100 patients. The results in this study were mostly dissatisfied with 46 patients (46%). There is a relationship between waiting time for non-concoction prescription services and the level of satisfaction at the North Cikampek Public Health Center with a p-value of 0.000 (<0.05).
References
Andriyani, I. 2015. Hubungan Kualitas Pelayanan Dalam Lima Dimensi Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Rawat Inap Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo. (Skripsi). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada Surakarta.
Arfania, M., Frianto, D., Astuti, D., Anggraeny, E.N., Kurniawati, T., Alivian, R., and Alkandahri, M.Y. Measurement of Adherence Level of Pulmonary Tuberculosis Drugs use in Patients in the Primary Health Centers in Karawang Regency, West Java, Indonesia, using MMAS Instrument. Journal of Pharmaceutical Research International. 2021, 33(54A): 115-120.
Arfania, M., Pardede, T.W., dan Alkandahri, M.Y. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Swasta. Jurnal Farmasetis. 2022, 11(1): 1-6.
Bustani, N.M., Rattu, A.J., dan Saerang, J.S.M. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal e-Biomedik. 2015, 3(3): 872-883.
Fatrida, D., dan Saputra, A. Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal ‘Aisyiyah Medika. 2019, 4(1): 11-21.
Herlambang, S. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Gosyen Publishing.
Janah, S.F. 2017. Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Kota Madiun Tahun 2017. (Skripsi). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan BHM Madiun.
Karuniawati, H., Hapsari, I.G., Arum, M., Aurora, A.T., dan Wahyono, N.A. Evaluasi Pelaksanan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Farmasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kota Salatiga. Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi. 2016, 4(1): 20-25.
Kementerian Kesehatan RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 16 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta.
Lestari, D.D., Parinduri, S.K., Fatimah, R. Hubungan Waktu Tunggu Pelayana Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam Rsud Kota Bogor Tahun 2018-2019. Promotor-Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 2020, 3(3): 231-240.
Maftuhah, A, dan Susilo, R. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Depo Farmasi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon. Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian. 2016, 1(1): 39-44.
Pohan, I.S. 2018. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran RGC.
Pratiwi, M.R., dan Sani, F.N. Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Poliklinik Kebidanan Dan Kandungan Rsud Kota Surakarta. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian. 2017, 14(2): 24-31.
Purwandari, N., Suryoputro, A. dan Arso, S. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Depo Farmasi Gedung Mceb RS Islam Sultan Agung Semarang, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2017, 5(1): 103-110.
Rachmania, N. 2015. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Temon 1 Kulon Progo Yogyakarta. (Skripsi). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ’Aisyiyah Yogyakarta.
Siburian, T.R. 2018. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Instalasi Farmasi Rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Doloksanggul. (Skripsi). Institut Kesehatan Helvetia Medan.
Wahono, B.T., dan Kuntjoro, T. 2011. Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Waktu Tunggu Pelayanan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat. (Tesis). Universitas Gadjah Mada.