ANALISIS HUBUNGAN SIKAP DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN Fe PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KLARI

  • Cica Nurrohmah Fakultas Farmasi, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia
  • Diany Astuti Fakultas Farmasi, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia
  • Maulana Yusuf Alkandahri Fakultas Farmasi, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Stunting, Sikap, Pengetahuan, Kepatuhan, Fe (zat besi)

Abstract

Stunting adalah suatu proses yang berdampak pada perkembangan anak mulai dari tahap dini, yakni saat konsepsi hingga tahun ke-3 atau ke-4 kehidupan anak, dimana keadaan gizi ibu  dan anak merupakan faktor penting dari pertumbuhan anak. Tujuan penelitian untuk melihat hubungan sikap dan pengetahuan terhadap tingkat kepatuhan penggunaan Fe pada ibu hamil di Puskesmas Klari. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian analitik prospektif dengan pendekatan korelasi.  Berdasarkan hasil penelitian di Puskesmas Klari yang telah diuji dengan menggunakan metode Chi-Square, terdapat hubungan yang signifikan pada Puskesmas Klari dengan nilai p-value 0,001 (pv<0,05) artinya, tingkat sikap memiliki hubungan dengan kepatuhan penggunaan Fe pada ibu hamil dan tingkat pengetahuan memiliki hubungan dengan kepatuhan penggunaan Fe pada ibu hamil.

References

Aini, MA. 2015. Hubungan Motivasi Ibu Hamil dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Zat Besi (Fe) di Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Skripsi. Universitas Jember. Jember.

Bappenas. 2018. Daftar Wilayah Prioritas. Karawang.

Erwin, RG., Machmud, R., dan Utama, BI. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dengan Kepatuhan dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 2017, 6(3): 596-601.

Hutagalung, I. 2007. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: PT Indeks.

Juliyanti. 2013. Hubungan Perilaku dengan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Wilayah Kerja Puskesmas Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. Universitas Teuku Umar. Aceh.

Laksono, A. 2013. Gerakan 1000 HPK. Jakarta.

Noviyana, A., dan Kurniati, C. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Hamil terhadap Ketidakpatuhan dalam Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah di Puskesmas Purwokerto Barat Banyumas. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 2018, 3(1): 53-57.

Rosmalina, Y., Luciasari, E., Aditianti, dan Ernawati, F. Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Balita Stunting: Systematic Review. Journal Of the Indonesian Nutrition Association, 2018, 41(1): 1-14.

Susiloningtyas, I. Pemberian Zat Besi (Fe) Dalam Kehamilan. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 2012, 50(128): 1-27.
Published
2020-11-13