Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMP Negeri 11 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v10i01.8355Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter peserta didik melalui tiga tema projek yakni tema gaya hidup berkelanjutan, bangunlah jiwa dan raga, dan bhineka tunggal ika yang diterapkan di SMP Negeri 11 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari wawancara Kepala Sekolah, Ketua Koordinator projek, Tim Fasilitator dan Peserta Didik. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) alur implememntasi projek penguatan profil pelajar Pancasila P5 di SMP Negeri 11 Pontianak meliputi tahap prencanaan, pelaksanaan dan evaluasi 2) melalui Tema bangunlah jiwa dan raga pada dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dicapai melalui kegiatan bakti sosial ke panti jompo. Tema Bhineka tunggal ika pada dimensi berkebhinekaan global dicapai melalui kegiatan tarian 3 etnis. Tema gaya hidup berkelanjutan pada dimensi kreatif dicapai melalui kegiatan pengelolaan barang bekas 3) hambatan dalam projek P5 di SMP Negeri 11 Pontianak yakni masih kurangnya pemahaman guru terhadap modul projek P5, kurangnya SDM atau tenaga pendidik, infrastruktur atau sarana dan prasarana yang terbatas. Alternatif solusi yang dilakukan yakni guru menyusun modul sesuai dengan pemahaman pribadi terkait projek, sekolah menerima mahasiswa magang untuk membantu mengkondisikan peserta didik saat kegiatan P5. Sekolah memindahkan kegiatan projek dihalaman depan sekolah.