Eksplorasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn

Penulis

  • ismatul asriyah , STKIP PGRI SUMENEP
  • Siti Nur Imamah , STKIP PGRI SUMENEP
  • Ahmad Zaki Rofiqi , STKIP PGRI SUMENEP
  • Mas'odi Mas'odi , STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8266

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dalam proses belajar, minat belajar seorang siswa sangat penting dalam kegiatan proses belajar mengajar, karena jika siswa memiliki minat belajar yang rendah maka ia akan sulit untuk menerima ilmu dari guru tersebut, sehingga hasil belajar menjadi kurang efektif. Faktor utama yang mempengaruhi minat belajar siswa adalah diri sendiri terutama minat, bakat, motivasi terutama dalam mata pelajaran PPKn. PPKn adalah satu mata pelajaran yang kerab menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa cepat bosan akan metode yang digunakan oleh guru tersebut. Sebagai guru yang profesional, maka guru harus bisa menerapkan sebuah metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan kepribadian siswa sebagai daya tarik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa berasal dari orang tua sebagai lingkungan pertemanan dalam memberikan stimulus terhadap anak, selain itu juga berasal dari sekolah dan lingkungan sekitar. Stimulus yang berlangsung dengan baik dan berkelanjutan dari orang tua dapat menimbulkan dorongan positif untuk anak agar lebih tekun dan giat dalam belajar

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-14

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Eksplorasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. (2024). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 558-564. https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8266