METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA MAHASISWA

Penulis

  • Siti fadhila widya arianti a:1:{s:5:"en_US";s:32:"UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ";}
  • Parsa Aulia Afifah , Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Manzilah Syahidaturrahma , Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Zaenul Slam , Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8262

Abstrak

Mahasiswa aktif akan selalu dominan dalam pembelajaran. Namun hal itu tidak dilakukan oleh seluruh anggota kolompok. Mahasiswa yang cenderung kurang aktif kurang mendapatkan kesempatan yang sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi peningkatan kerjasama mahasiswa melalui metode Jigsaw pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian,yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitiannya Model Pembelajaran Jigsaw merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil yang beragam. Terdiri dari empat hingga lima orang. Kelompok peserta didik dengan berbagai jenis kelamin, suku, ras, agama, dan gaya belajar dikenal dengan kelompok heterogen. Setiap siswa bertugas menguasai sebagian materi pelajaran dan memenuhi syarat untuk mengajar peserta lain pada bagian tersebut.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-16

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA MAHASISWA. (2024). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 565-571. https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8262