Pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan etis dalam kebijakan perlindungan perempuan dari kekerasan seksual

Pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan etis dalam kebijakan perlindungan perempuan dari kekerasan seksual

Penulis

  • a:1:{s:5:"en_US";s:32:"Universitas Atma Jaya Yogyakarta";}

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8221

Abstrak

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia diartikan sebagai sistem etika yang berisi tuntunan nilai-nilai moral yang menjadi dasar menciptakan keadilan sosial, keharmonian, dan kekeluargaan. Kurangnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila menyebabkan terjadinya kekerasan seksual.  Tujuan penelitian ini mengkaji lebih dalam tentang bagaimana pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan etis dalam kebijakan perlindungan perempuan dari kekerasan seksual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengamalan nilai-nilai Pancasila menjadi sebuah upaya untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan seksual. Nilai-nilai Pancasila mengandung kesadaran sikap moral dan tingkah laku manusia yang didasarkan pada hati nurani dan norma-norma dalam masyarakat. Nilai-nilai Pancasila dijadikan landasan dalam membuat kebijakan perlindungan perempuan dengan memperhatikan hak-hal sebgai warga negara.  Kerjasama dari lembaga pendidikan, masyarakat dan pemerintah dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat sangat penting. Tujuannya memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehingga dapat mencegah terjadinya tindak kekerasan seksual.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-14

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan etis dalam kebijakan perlindungan perempuan dari kekerasan seksual : Pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan etis dalam kebijakan perlindungan perempuan dari kekerasan seksual . (2024). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 542-551. https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8221