Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Yustika Aprilia ,
  • Asrin , Universitas Mataram
  • Bilyadi Zulfikri , SDN 27 Ampenan

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8175

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan keberhasilan penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV/A. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam tindakan ini yaitu teknik kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan peserta didik selama proses tindakan berlangsung. Data kualitatif yang diperoleh peneliti dalam tindakan ini digunakan untuk menjelaskan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti sebagai observer. Selanjutnya, alat instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu lembar pengamatan dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata presentase minat dan motivasi belajar peserta didik sebagai berikut, siklus I sebanyak 51,3% dan siklus II sebanyak 84%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat dan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning (PBL).

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar. (2024). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 536-541. https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8175