Peran Guru PPKn, Partisipasi Pol Peran guru ppkn dalam menumbuhkan partisipasi politik pemilih pemula di man 1 pontianak
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8163Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh guru PPKn dalam meningkatkan partisipasi politik siswa sebagai pemilih pertama kali.. Para peneliti menggunakan teknik penelitian kualitatif yang mencakup pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tinjauan pustaka, dan dokumentasi. Pendekatan analisis data terdiri dari tiga langkah: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tes kredibilitas digunakan untuk menilai kebenaran data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Peran guru PPKn dalam membina partisipasi politik mahasiswa sebagai pemilih pemula melalui kegiatan pembelajaran di MAN 1 Pontianak dilaksanakan melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran PPKn, dan evaluasi hasil pembelajaran. (2) Guru PPKn berperan membina partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula di luar kelas dengan menyelenggarakan kegiatan pemilihan Ketua Kelas, Ketua Kelompok Belajar, dan Ketua OSIS di MAN 1 Pontianak. Dalam pelaksanaannya, ketua OSIS dipilih dengan suara terbanyak, begitu pula ketua kelas, dan ketua kelompok belajar dipilih berdasarkan kesepakatan.