Implementasi Sila Kelima Pancasila Dalam Membangun Sistem Hukum Yang Adil Dan Merata Pada Pedagang Kaki Lima Di Jl. William Iskandar Kota Medan

Penulis

  • Fatimah Az-Zahra , Universitas Negeri Medan
  • Desri Ronay Fiona Purba Universitas Negeri Medan , Universitas Negeri Medan
  • Lennai Situmorang Universitas Negeri Medan , Universitas Negeri Medan
  • Dandi Abram Situmorang Universitas Negeri Medan , Universitas Negeri Medan
  • Tengku Salsabila Universitas Negeri Medan , Universitas Negeri Medan
  • Devi Sri Wahyuni Universitas Negeri Medan , Universitas Negeri Medan
  • Ramsul Nababan Universitas Negeri Medan , Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.7522

Abstrak

Masyarakat kelas bawah seperti pedagang kaki lima yang belum merasakan nilai keadilan masih dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui apa saja hak-hak masyarakat, khususnya pedagang kaki lima yang masih belum terpenuhi. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif dengan menggunakan dua jenis data seperti data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan observasi terhadap pedagang kaki lima di Jl.Willian Iskandar Medan, penelitian ini menjelaskan bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat tidak komprehensif baik dari segi waktu, tujuan, maupun penyalurannya. Keadilan harus adil karena keadilan mempunyai dampak yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia harus mempunyai akses yang sama terhadap pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan keadilan sehingga keadilan dapat ditegakkan sesuai dengan hak asasi manusia dan tanggung jawabnya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-10

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Implementasi Sila Kelima Pancasila Dalam Membangun Sistem Hukum Yang Adil Dan Merata Pada Pedagang Kaki Lima Di Jl. William Iskandar Kota Medan. (2024). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 511-516. https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.7522