NILAI KETUHANAN DALAM MEMBANGUN HARMONI SOSIAL: STRATEGI IMPLEMENTASI UNTUK MENCEGAH KONFLIK ANTAR SISWA DI SEKOLAH SMPN 17 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v9i1.7495Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi implementasi nilai-nilai ketuhanan dalam membangun harmoni sosial di SMP Negeri 17 Medan, di mana siswa sering terlibat konflik terkait persaingan ekstrakurikuler, perbedaan pandangan, dan pengaruh negatif dari luar. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan, melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuhanan, seperti toleransi, saling menghormati, dan cinta kasih, sangat efektif dalam mencegah konflik dan membangun keharmonisan sosial. Implementasi nilai-nilai ini dilakukan melalui program pendidikan agama yang inklusif, kegiatan ekstrakurikuler bersama, serta seminar dan workshop antaragama. Meskipun terdapat tantangan seperti perbedaan agama dan isu-isu sosial politik, strategi yang holistik dan berkelanjutan telah membuktikan efektivitasnya. Temuan ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam menghadapi tantangan serupa, menciptakan lingkungan belajar yang harmonis, inklusif, dan aman bagi semua siswa, serta membentuk generasi muda yang toleran dan menghargai keberagaman.