Implementasi pembiasaan literasi dan jum'at bersih untuk meningkatkan civic skills peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.7182Abstrak
Pada saat ini arus globalisasi yaitu perkembangan yang luar biasa untuk memberikan sisi dalam kehidupan manusia terutama pendidikan, keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembiasaan positif literasi dan jum’at bersih untuk meningkatkan civic skills peserta didik di SMAN 5 Karawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hal ini dikarenakan guru memberikan beberapa strategi yang baik pada saat kegiatan pembiasaan literasi Bahasa dan jum’at bersih agar peserta didik memiliki keterampilan intelektual dan keterampilan partisipasi, membentuk peserta didik menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki secara cerdas dan penuh rasa tanggung jawab, mampu menggunakan Bahasa asing yang baik, dapat membangun kerjasama, mampu menjalankan dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya, turut serta aktif dalam berbagai kegiatan yang ada dengan cara yang baik dan tanggung jawab untuk bekal dimasa depan