Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Portofolio Kelas XIB SMA Negeri 8 Pontianak

Penulis

  • Jopani Ratna Aryanti Universitas Tanjungpura
  • Sulistyarini , Universitas Tanjungpura
  • Shilmy Purnama , Universitas Tanjungpura
  • Mashudi , Universitas Tanjungpura
  • Bistari , Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v8i2.6261

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI B SMA Negeri 8 Pontianak dengan menggunakan model pembelajaran Portofolio pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelas XI B SMA Negeri 8 Pontianak yang berjumlah 30 siswa. Teknik dan instrument pengumpulan data adalah lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan observasi, serta tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar siswa secara individu meningkat, pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai rata-rata yaitu 73,85%, dan rata-rata keaktifan belajar siswa secara individu pada siklus II yaitu 82,54%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Portofolio pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI B SMA Negeri 8 Pontianak

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-03-26

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Portofolio Kelas XIB SMA Negeri 8 Pontianak. (2024). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 404-412. https://doi.org/10.36805/civics.v8i2.6261