Penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hikmah Tayan Hilir Kabupaten Sanggau
Peningkatan, Hasil Belajar, Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v8i1.5276Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hikmah Tayan Hilir dengan menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hikmah Tayan Hilir dengan jumlah sampel 26 siswa. Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dikelola melalui dua siklus. Setiap siklus terbagi 3 tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi. Hasil penelitian setelah dilakukan test siklus I memperoleh peningkatan mencapai 53,84%, dan pada siklus II mencapai menjadi 84,61%. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil beajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hikmah Tayan Hilir.