PROSES PEMBELAJARAN PPKN DENGAN MENERAPKAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v4i2.1323

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui proses pembelajaran PPKn dengan menerapkan model inkuiri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Siswa SMP IT Gita Wirabangsa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model inkuiri dalam pembelajaran PPKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggambarkan suasana kelas cukup kondusif, meski masih saja ada siswa yang pasif, mungkin dengan berjalannya waktu dan siswa terbiasa. Dengan diterapkan model ini siswa di kelas menjadi aktif, nampak bahwa dalam prosesnya pembelajaran PPKn tersebut, siswa sangat aktif ketika berjalannya diskusi, dan suasana kelas menjadi tidak membosankan, tentu dengan model ini, siswa dituntut untuk berpikir kritis, dan siswa pun menjadi tidak malu untuk bertukar pikiran dengan teman sebayanya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2019-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PROSES PEMBELAJARAN PPKN DENGAN MENERAPKAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA . (2019). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 64-69. https://doi.org/10.36805/civics.v4i2.1323