PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v10i01.10290Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber
belajar di SD Kristen BPK Penabur Metro. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif.
Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling. Sumber data penelitian adalah
kepala sekolah, petugas perpustakaan, pendidik, peserta didik, dan orang tua. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
pengelolaan perpustakaan sudag berjalan dengan baik yang bisa dilihat dari adanya sarana,
pemeliharaan dan perawatan, dan koleksi buku, meskipun untuk koleksi buku nonfiksi sendiri belum
mencapai persentase ideal, (2) pemanfaatan perpustakaan sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari
jam buka layanan, frekuensi kunjungan, jeni buku yang paling banyak dimanfaatkan, akses peminjaman
yang ditawarkan, dan adanya pojok baca disetiap kelas yang mendukung, (3) peran pendidik dalam
pemanfaatan perpustakaan sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari strategi dan tindakan pendidik
dalam memotivasi peserta didik dalam pemanfaatan perpustakaan (4) upaya kepala sekolah dalam
melengkapi fasilitas perpustakaan sekolah yaitu dengan mengusulkan sumber pendanaan ke yayasan
untuk pembelian buku, rak, meja, dan komputer, serta melakukan inventarisasi dan perbaikan sarana
perpustakaan yang rusak dan penyediaan ruangan perpustakaan sekolah yang nyaman, (5) faktor
penghambat dan pendukung dari penggunaan perpustakaan paling banyak dijumpai pada faktor eksternal
yaitu kurang luasnya bangunan perpustakaan dan terbatasnya waktu kunjungan sebagai faktor
penghambat dan buku yang bervariasi serta antusias peserta didik sebagai faktor pendukung.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Perpustakaan, Sumber Belajar