Perbandingan Efektivitas Pendekatan Andragogi, Driyarkara, Review Jurnal, dan Pencarian Teori pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v10i01.10238Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan efektivitas pendekatan andragogi dan Driyarkara, review jurnal, dan pencarian teori dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila bagi mahasiswa tingkat satu di STIKes Gunung Maria Tomohon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang berfokus pada pengalaman subjektif mahasiswa dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, refleksi tematik mahasiswa, dan analisis portofolio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendekatan andragogi dan diskusi reflektif memfasilitasi pembelajaran yang lebih bermakna, memungkinkan mahasiswa tidak hanya memahami materi secara kognitif, tetapi juga mengaitkannya dengan pengalaman hidup sehari-hari. Pendekatan Driyarkara mendukung pengembangan kesadaran kritis dan nilai moral, sementara review jurnal dan teori memperkuat pemahaman konseptual. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis pengalaman, refleksi, dan dialog lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai Pancasila pada mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan agar pendekatan-pendekatan tersebut terus diterapkan dan dikembangkan untuk membangun karakter dan kesadaran kebangsaan generasi muda Indonesia.