Efektivitas Penggunaan Kahoot dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v10i01.10134Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan media pembelajaran interaktif Kahoot. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI - I di SMA Negeri 1 Rantau Utara yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Kahoot dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, yang berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 68,5 pada pra-siklus menjadi 76,2 pada siklus I, dan mencapai 83,4 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan media Kahoot terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.