Analisis Sikap Siswa Sekolah Dasar terhadap Nilai Kesopanan dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v10i01.10111Abstrak
Pendidikan karakter –khususnya dalam konteks nilai kesopanan– sangat penting untuk diterapkan sedari dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap siswa terhadap nilai kesopanan dan faktor-faktor pengaruhnya dalam proses pembelajaran pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi non-partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas V di SD Negeri Cipedak 05, Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa secara umum sudah menerapkan nilai-nilai kesopanan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila. Akan tetapi, terdapat satu aspek yang belum tercermin secara maksimal, yaitu bertutur kata baik kepada teman sebaya. Faktor-faktor yang memengaruhi nilai kesopanan dalam sikap siswa adalah sekolah, latar belakang keluarga, serta lingkungan pergaulan. Dengan ini, dapat dikatakan nilai kesopanan dalam sikap siswa sudah baik secara umum, hanya saja memerlukan kerja sama aktif dari pihak sekolah, orang tua, dan lingkungan pergaulan untuk dapat membangun pembiasaan-pembiasaan baik berkaitan dengan nilai kesopanan.