Optimalisasi program LISA LIBRA PATUJAR dalam membentuk karakter siswa pasca pandemi di SMPN 1 Cilamaya Wetan
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v7i1.2815Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana optimalisasi program lisa libra patujar dalam membentuk karakter siswa pasca pandemi di SMPN 1 Cilamaya Wetan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, Guru PPKn, Siswa dan perwakilan orangtua murid. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, program lisa libra patujar sudah berjalan sejak tahun ajaran 2016/2017 dan sudah terlaksana dengan baik. Namun program ini sempat terhambat karena pandemi, maka dari itu dibutuhkan adanya perencanaan kembali mengenai pembentukan karakter pasca pandemi. Pembelajaran Jarak Jauh tidak hanya mengakibatkan learning loss atau menurunnya kemampuan belajar, melainkan juga berdampak pada perubahan karakter peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya proses sosialisasi yang dilakukan dengan pengurus OSIS, guru, staf TU dan seluruh warga sekolah serta melibatkan pihak kecamatan, kepolisian setempat dan kesiswaan dalam melaksanakan patrol disekitar sekolah. Rekomendasi penelitian kepada sekolah sebagai pembuat kebijakan di harapkan untuk hendaknya melibatkan orang tua dalam upaya pembentukan karakter agar apa yang diterapkan di sekolah dapat diterapkan kembali di rumah.