Peran guru membiasakan menyanyikan lagu nasional sebagai upaya pembentukan nasionalisme siswa

Authors

  • Nyai Yati PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitri Silvia Sofyan PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nadya Putri Saylendra PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v5i2.1338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru membiasakan menyanyikan lagu nasional sebagai pembentukan semangat nasionalisme siswa. Sejalan dengan tujuan peneliti tersebut maka dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptifkualitatif. Subyek penelitian sebanyak 10 siswa kelas VIII dan 1 guru PPKn. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan menggunakan Tringulasi. Hasil penelitian sebagai berikut (1) guru berperan dalam membiasakan menyanyikan lagu nasional sebagai pembentukan semangat nasionalisme siswa dengan melakukan cara konsisten dalam membiasakan menyanyikan lagu nasional (2) lagu nasional berperan dalam pembentukan semangat nasionalisme siswa dilihat dari adanya perasaan bertambah cinta pada tanah air siswa setelah menyanyikan lagu nasional (3) hambatan guru dalam membiasakan menyanyikan lagu nasional ada beberapa hambatan dimulai dari ketidak hafalkan siswa pada lirik dan nada lagu nasional dan kurang nya rasa khidmat siswa ketika menyanyikan lagu nasional membuat guru lebih kreatif lagu dalam membiasakan menyanyikan lagu nasional. Kesimpulanya guru berperan dalam membiasakan menyanyikan lagu nasional dilihat dari bertambahnya rasa cinta siswa pada tanah air setelah menyanyikan lagu nasional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran guru membiasakan menyanyikan lagu nasional sebagai upaya pembentukan nasionalisme siswa. (2020). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 132-136. https://doi.org/10.36805/civics.v5i2.1338