PENERAPAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK ORGANIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA BELI KONSUMEN (STUDI KASUS P.T. HERO SUPERMARKET CIKAMPEK)
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v1i1.96Abstract
ABSTRAK Penerapan Strategi Penjualan Organik Dalam Upaya Meningkatkan Daya Beli Konsumen dengan studi kasus di Supermarket Giant Express Cikampek di bawah P.T. Hero merupakan judul penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan fenomena-fenomena pembelian produk organik berupa sayuran dan buah-buahan yang terjadi di supermarket yang berada di kota Cikampek dengan rata-rata masyarakat berpendidikan dari SMA sampai perguruan tinggi dan berpenghasilan rata-rata menengah ke atas. Dalam proses pencarian data, peneliti melihat kurangnya antusiasme masyarakat sebagai konsumen Supermarket Giant Express Cikampek untuk membeli produk Organik. Fenomena ini diakibatkan oleh strategi penjualan yang tidak berfokus pada produk organik, kesadaran akan nilai manfaat masih dipengaruhi harga, jenis produk yang ditawarkan tidak bervariasi dan merujuk pada hasil penelitian yang dilakukan dan terdahulu, informasi sebagai strategi penjualan dan sertifikasi terhadap produk organik sangat memengaruhi daya beli konsumen. Kata Kunci : Penerapan strategi penjualan, fenomena produk organik, daya beli konsumenReferences
DAFTAR PUSTAKA
Buku
Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. p. 130 - 133
David A. Aaker. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Salemba Empat. Jakarta. p. 13 – 18
Etta M. Sangadji & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Andi Yogyakarta. P. 11 – 12
Fandi Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & satisfaction. ANDI, Yogyakarta. P. 105,292-298
Fred R. David. 2012. Manajemen Strategi Konsep. Salemba. Bandung. p. 198 – 203
H.B. Iswanto. 2005. Pengantar Manajemen. Bumi aksara
Irfan Fahmi.2014. Manajemen Teori, Kasus, dan Solusi. Alfabeta. Bandung. P. 2
Lexy J. Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.Bandung. P . 4-6, 34, 37, 331-332
Malayu S.P. Hasibuan. 2011. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. P. 2 - 3
Paul Mali dalam Sofjan Assauri. 2011. Manajemen Pemasaran. Dasar, Konsep & Strategi. P 14
Ujang Sumarwan. 2012. Riset Pemasaran dan Konsumsi. P. 221
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. P. 220, 230 -231, 246 – 252, 277
Jurnal Dan Tesis
Allen A. Ch. Manongko. 2011. Tesis. Green Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat membeli Produk Organik.
Carolyn Dimitri, dkk. 2008. Local Marketing of Organic Food by Certified Organic Processors, Manufacturers, and Distributors. Journal of Agribusiness 26,2 (Fall 2008): 157-174
Md. Saiful Islam & Iffat Zabin. 2013. Consumer’s Attitude towards Purchasing Green Food. European Journal of Business and Management
Megan M. Dolan. 2008. Tesis. The Impact Of The Organic Mainstream Movement : A case Study Of new England Organic Produce Price
Rieke Retnosary. 2015. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif. Green Marketing Application Strategy For Increasing Consumer satisfaction (Case Study In Fast Food Business Company Group At Mall Karawang)