PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP

Authors

  • Santi Arum Puspita Lestari

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v1i1.93

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu dengan kelompok pretest dan posttest. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Untuk memperoleh data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematik, dan non tes yang berupa skala disposisi. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta di Kabupaten Karawang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IX sebanyak dua kelas dipilih secara purposif dari empat kelas yang ada. Dari hasil pengolahan data di peroleh hasil bahwa (1) Pencapaian kemampuan komunikasi matematik siswa SMP yang pembelajarannya dengan pendekatan problem posing tidak berbeda dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional dan pencapaian tersebut termasuk sedang. (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan problem posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional dan tergolong kategori sedang. (3) Disposisi matematik siswa SMP yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan problem posing tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. (4) Tidak terdapat asosiasi antara kemampuan komunikasi dan disposisi matematik Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan problem posing dapat menjadi alternatif model pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di Sekolah Menengah Pertama. Kata kunci: Pendekatan Problem Posing, Kemampuan Komunikasi Matematik, Disposisi Matematik

References

DAFTAR RUJUKAN

Abu-Elwan, R. (2002). Effectiveness of Problem Posing Strategies on Prospective Mathematics Teachers' Problem Solving Performance. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia. 25, 1, 56-69.

Adegoke, B.A. (2013). Modelling the Relationship between Mathematical Reasoning Ability and Mathematics Attainment. Journal of Education and Practice. 4, 17, 54-61.

Akay, H.dan Boz, N. (2010). The Effect of Problem Posing Oriented Analyses-II Course on the Attitudes toward Mathematics and Mathematics Self-Efficacy of Elementary Prospective Mathematics Teachers. Australian Journal of Teacher Education. 35, 1, p. 59-75.

Atallah, F.et. al. (2010). Learners’ and Teachers’ Conceptions and Dispositions of Mathematics fromA Middle Eastern Perspective. Us-China Education Review. 7,8, 43-49.

Brown, S.I. & Walter, Marion I. (2005). The Art of Problem Posing. 3rd Edition. USA: Lawrence Erlbaum Associates.

Damon, W. (2005). Personality Test:The dispositional dispute in teacher preparation today, and what to do about it. Fwd: Arresting Insights in Education. 2, 3, 1-6.

Furqon (2004). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Guerreiro, A. et. al. (2008). Mathematical Communication: Teachers’Recognition Of The Singularity Of Students’Knowledge. Fundação para a Ciência e aTecnologia, Project Professional Practices of Mathematics Teachers. 1-10.

Huggins, B. & Maiste T. (1999). Communication in Mathematics. Master’s Action Research Project. St. Xavier University & IRI/Skylight.

Irwan (2011). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12, 1, hal. 1-13.

Kadir (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna.

Kilpatrick, J. et. al. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Lithner, J. (2012). Learning Mathemtics by Creative or Imitative Reasoning. 12th International Congress On Mathematical Education. 1-18.

Mal, A. (2012). Assessing Mathemathics Teachers’ Disposition Toward Problem Solving. 12th International Congress On Mathematical Education. 1-10.

Maxwell, K. (2001). Positive Learning Dispositions In Mathematics. ACE Papers. Issue 11, 1-

NCTM. (2000). Principles and Standards forSchool Mathematics. Reston, VA: NCTM.

NCTM. (2009). Focus in High School Mathematics: Reasoning and Sense Making. Reston, VA: NCTM.

Nicolaou, A.A. dan Philippou, George N. (2007). Efficacy Beliefs, Problem Posing, And Mathematics Achievement. CERME 5. 308-317.

Norman, I. dan Bakar, Md. Nor (2011). Secondary School Students’ Problem Posing Strategies: Implications To Secondary School Students’ Problem Posing Performances. Journal of Edupres. 1, 1-8.

Qohar, A. (2011). Mathematical Communication: What And How To Develop It In Mathematics Learning? Proceeding International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education “Building the Nation Character through Humanistic Mathematics Educationâ€. Yogyakarta: Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University. July 21-23 2011.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet. XII Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Bandung: FPMIPA-UPI, 1-27.

Sumarmo, U. (2013). Proses Berpikir Matemarik: Apa dan Mengapa Dikembangkan. (Penyelia: Didi Suryadi, Turmudi dan Elah Nurlaelah) Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. 429-485. Bandung: FPMIPA-UPI.

Downloads

Published

2016-11-18

Issue

Section

Articles